Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Papegi terhadap Hasil Belajar Matematika

Riana Ulfa Sadiah, Supandi Supandi, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantu media PAPEGI (Papan Perkalian Pembagian) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD. Berdasarkan hasil observasi, dimana hasil belajar matematika siswa masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis uji normalitas awal akhir, uji hipotesis (uji t. uji normalitas digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan koefisien uji t sebesar 18,856 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5%. Rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan adalah 56,1 yang berarti kurang dari KKM dan rata-rata nilai setelah diberi perlakuan adalah 82,4 yang berarti sudah memenuhi KKM. Selisih rata-rata kenaikannya sebesar 26,3. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran talking stick berbantu media PAPEGI berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD.


Keywords


talking;stick;papegi;hasil;belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 1(1).

Anggarini, dkk. (2019). Keefektifan Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Roda Pintar Matematika Terhadap Hasil Belajar. Journal of Primary and Children’s Education, 2(1).

Cahyani, Sisvina Dian., dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Mimbar PGSD, 7(2).

Huda, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(2), 45–54.

Janah, N. (2018). Self Confidence Dalam AKtivitas Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 31(2).

Nilla, K., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Ratnasari, L. (2016). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6).

Rusman. (2017). Belajar & pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Sudharto, S., Suharno, K., & Soegeng. (2013). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP Semarang.

Sugiyono, M. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1).

Wulansari, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Didukung Media Diorama terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perkembangan Teknologi Transportasi serta Pengalaman Menggunakannya pada Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun Pela. Simki-Pedagogia, 1(11), 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19453

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF file view : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.