Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Papegi terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19453Keywords:
talking, stick, papegi, hasil, belajarAbstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantu media PAPEGI (Papan Perkalian Pembagian) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD. Berdasarkan hasil observasi, dimana hasil belajar matematika siswa masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis uji normalitas awal akhir, uji hipotesis (uji t. uji normalitas digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan koefisien uji t sebesar 18,856 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5%. Rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan adalah 56,1 yang berarti kurang dari KKM dan rata-rata nilai setelah diberi perlakuan adalah 82,4 yang berarti sudah memenuhi KKM. Selisih rata-rata kenaikannya sebesar 26,3. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran talking stick berbantu media PAPEGI berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD.
References
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 1(1).
Anggarini, dkk. (2019). Keefektifan Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Roda Pintar Matematika Terhadap Hasil Belajar. Journal of Primary and Children’s Education, 2(1).
Cahyani, Sisvina Dian., dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Mimbar PGSD, 7(2).
Huda, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(2), 45–54.
Janah, N. (2018). Self Confidence Dalam AKtivitas Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 31(2).
Nilla, K., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Ratnasari, L. (2016). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6).
Rusman. (2017). Belajar & pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
Sudharto, S., Suharno, K., & Soegeng. (2013). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP Semarang.
Sugiyono, M. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1).
Wulansari, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Didukung Media Diorama terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perkembangan Teknologi Transportasi serta Pengalaman Menggunakannya pada Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun Pela. Simki-Pedagogia, 1(11), 1–12.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)