Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menghasilkan produk instrumen sikap sosial pembelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 2 siswa kelas IV, (2) mengetahui visibilitas penggunaan instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 2 siswa kelas IV (3) Menentukan tingkat validitas instrumen sikap sosial pada pembelajaran tematik siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dengan instrumen angket skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas instrumen penilaian sikap sosial dalam uji lapangan produk kelas kecil menunjukkan rhit >0,300 terhadap 16 siswa adalah 30 (100%) butir pernyataan valid. Uji validitas instrumen terhadap sikap dalam uji lapangan produk kelas sedang menunjukkan rhit >0,300 terhadap 19 siswa dalah 30 (100%) butir pernyataan valid. uji validitas instrumen terhadap sikap dalam uji lapangan produk kelas besar menunjukkan rhit >0,300 terhadap 23 siswa dalah 30 (100%) butir pernyataan valid.
References
Ariantini, Ni Putu. (2014) Implementasi Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja, Bali: e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.vol. 3
Azwar, Saifuddin. (2011). Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Laurianus. (2014). Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Di SD. Pontianak : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 3 No 12:1-13
Permendikbud (2016) Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standart Proses. Jakarta: Mentri Pendidikan.
Qomari, Rohmad. (2015)Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan Vol. 13.
Rufaida. , Siska Difki . 2013. “Pengembangan Sikap Sosial Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pembelajaran Ips Kelas Vb SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta . 2013
Ruvina, Windarisni.2016. ”Pengelolaan Penilaian Sikap Sosial dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa di Kelas II SD N Bayan No 216 Surakarta”. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 3 No 2.
Sanjiwana, Pande Putu Cahya Mega , Dkk.2015.”Analisis Sikap Sosial Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Dengan Kurikulum 2013. Mimbar Pgsd Volume: 3 No: 1 Tahun 2015
Shobirin, Ma’as. (2016). Konsep Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish
Suharyat, Yayat.(2010). Hubungan Antara Sikap, Minat, dan Perilaku Manusia. Jurnal FKIP: Region.Vol 2. No 1:4.
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosadakarya Sutama.
Salamah, Umi. (2018) Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan, STAI Ma’had aly al-hikam Malang. vol.2 No. 1 hal (283)
Virani, Ida Ayu Dewi dkk. 2016.”Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016
Wardani, Naniek Sulistya, dan Kawan-kawan. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.
Widoyoko, Eko Putro. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogykarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)