Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar

Putri Oktavia Wulan Sari, Naniek Sulistya Wardani, Tego Prasetyo

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan minat belajar siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran saintifik Example Non Example (S-ENE) terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive stratified quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen lembar observasi yang dilengkapi rubrik penilaian minat belajar. Teknik analisis data menggunakan uji t. Kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal yakni df. 24, sig. 0,129 > 0,05, dan df. 27, sig.0,053 > 0,05. Kedua kelas eksperimen dan kontrol adalah homogen yang ditunjukkan dengan sig. 0,723> 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran S-ENE terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. T-hitung 4,802 > 2,095 t-tabel, maka terdapat perbedaan pembelajaran S-ENE dan pembelajaran langsung terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD.


Keywords


saintifik;example non example;minat belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Agustina, Y. (2011). Kemampuan Guru Menciptakan Iklim Komunikatif di kelas. Jakarta: Aditya Media Publish.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan & Kebudayaan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah. Jakarta.

Eva, M. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 29–34.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B., & dkk. (2009). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhadi, M., Anitah, S., & Akhyar, M. (2014). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Exampel Non Exampel Dan Jigsaw Terhadap prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SD N Di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 113–126.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Ranika Cipta.

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19457

Article Metrics

Abstract view : 393 times
PDF file view : 568 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.