Keefektifan Model Make A Match Berbantu Media Kartakalung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Aulia Nofa Gayatri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16198

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa yang masih sangat rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran Make a Match Berbantu Media Kartakalung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Karangroto 04 Semarang? Tujuan dalam penelitian ini adalah  untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Make a Match berbantu media Kartakalung terhadap hasil belajar Matematika kelas V SDN Karangroto 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Bentuk  pre-experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil adalah 25 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65 dan tes akhir posttest  nilai rata-rata sebesar 81.Hasil pengujian hipotesis pada hasil belajar Matematika siswa menunjukkan bahwa t_hitung 5,665 dan ttabel 2,060 dengan taraf signifikan 5% =2,060. Karena t_hitung>t_tabel, yaitu 5,665 > 2,060 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Make a Match  berbantuan media Kartakalung dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

References

Aisyah, Nur Lindah, Luthfiyah Nurlaela. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga Pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan Makanan Di Smk Negeri 1 Cerme, Gresik. e-journal Boga, Volume 4, No 1, Edisi Yudisium Periode Maret 2015, hal 143-152.

Anggarawati, I G. A. Ary, MG. Rini Kristiantari, I G. A. Agung Sri Asri. Pengaruh Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1

Arikunto,Suharsimi,2007, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Aqib, Zainal. 2013. Media Pembelajaran , Jakarta : Rajagrafindo persada.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Chonstantika, Ade L., Haryono & Sri Y. 2013. “Penerapan Pembelajaran Model Make A Match dan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi, Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X6 Di Sma Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2, No. 3 (25-33)

Dimyati dan Mudjiono. (2009), Belajar dan Pembelajaran , Jakarta : PT. Rineka Cipta

Daryanto dan Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta:Penerbit Gava Media.

Dewi, N. R. V. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Berbantuan Media Kartu Bridge untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SD Negeri Gulingan Kecamatan Mengwi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Singaraja: Undiksha.

Djamarah dan Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PTRineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia.

Huda,miftahul.2014.model-model Pengajaran dan Pembelajaran,Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Indriana,Dina,2011.Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta:diva Press.

Lie , A, (2008).Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, Jakarta :PT.Gramedia.

Nopiandari, Ni Kadek, Ni Wayan Rati, Ni Wayan Arini. 2016. Penerapan Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol 4 No 1

Sipasulta, Ariel. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head Together (NHT) pada Materi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) di Kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Sirait, Makmur, Putri Adilah Noer. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI Volume 1, Nomor3

Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya,Jakarta:Rineka Cipta.

Soegeng, A Y .2013. Dasar-dasar Penelitian, Semarang Universitas PGRISemarang PRESS.

Soegeng A.Y. 2015. Dasar-Dasar Penelitian, Yogyakarta: MagnumPustaka Utama.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Sugiyono..(2010) Metode penelitian kuantitatif kualitatif &RND.Bandung:Alfabeta.

…….. (2012) Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung : ALFABETA

….. (2013).Memahami Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif,Kualitatif, dan RND).Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningsih, Febriyani, Sri Mulyani, dan Suryadi Budi Utomo. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Power Point Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Isomer Dan Reaksi Senyawa Hidrokarbon Kelas X Sma Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. JPK, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 3 No. 2 Tahun 2014 Hal. 82-87

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran

Matematika, Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar & Pembelajaran di Sekolah dasar.Jakarta: Prenadamedia Group.

Suprijono, A . (2012). Kooperative Learning :Teori & Aplikasi Paikem,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiguna, I Kd. Adi, Md Sumantri, Gd Raga. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Di Gugus III Kecamatan Rendang. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol. 2 No. 1

Wijaya, dkk 2014. Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di gugus III Kecamatan Rendang. Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2018-12-04

How to Cite

Gayatri, A. N., Saputra, H. J., & Untari, M. F. A. (2018). Keefektifan Model Make A Match Berbantu Media Kartakalung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16198