Keefektifan Model Make A Match Berbantu Media Kartakalung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16198Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa yang masih sangat rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran Make a Match Berbantu Media Kartakalung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Karangroto 04 Semarang? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Make a Match berbantu media Kartakalung terhadap hasil belajar Matematika kelas V SDN Karangroto 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Bentuk pre-experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil adalah 25 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65 dan tes akhir posttest nilai rata-rata sebesar 81.Hasil pengujian hipotesis pada hasil belajar Matematika siswa menunjukkan bahwa t_hitung 5,665 dan ttabel 2,060 dengan taraf signifikan 5% =2,060. Karena t_hitung>t_tabel, yaitu 5,665 > 2,060 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Make a Match berbantuan media Kartakalung dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
References
Aisyah, Nur Lindah, Luthfiyah Nurlaela. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga Pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan Makanan Di Smk Negeri 1 Cerme, Gresik. e-journal Boga, Volume 4, No 1, Edisi Yudisium Periode Maret 2015, hal 143-152.
Anggarawati, I G. A. Ary, MG. Rini Kristiantari, I G. A. Agung Sri Asri. Pengaruh Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1
Arikunto,Suharsimi,2007, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Aqib, Zainal. 2013. Media Pembelajaran , Jakarta : Rajagrafindo persada.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Chonstantika, Ade L., Haryono & Sri Y. 2013. “Penerapan Pembelajaran Model Make A Match dan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi, Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X6 Di Sma Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2, No. 3 (25-33)
Dimyati dan Mudjiono. (2009), Belajar dan Pembelajaran , Jakarta : PT. Rineka Cipta
Daryanto dan Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta:Penerbit Gava Media.
Dewi, N. R. V. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Berbantuan Media Kartu Bridge untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SD Negeri Gulingan Kecamatan Mengwi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Singaraja: Undiksha.
Djamarah dan Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PTRineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia.
Huda,miftahul.2014.model-model Pengajaran dan Pembelajaran,Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Indriana,Dina,2011.Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta:diva Press.
Lie , A, (2008).Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, Jakarta :PT.Gramedia.
Nopiandari, Ni Kadek, Ni Wayan Rati, Ni Wayan Arini. 2016. Penerapan Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol 4 No 1
Sipasulta, Ariel. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head Together (NHT) pada Materi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) di Kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Sirait, Makmur, Putri Adilah Noer. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI Volume 1, Nomor3
Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya,Jakarta:Rineka Cipta.
Soegeng, A Y .2013. Dasar-dasar Penelitian, Semarang Universitas PGRISemarang PRESS.
Soegeng A.Y. 2015. Dasar-Dasar Penelitian, Yogyakarta: MagnumPustaka Utama.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono..(2010) Metode penelitian kuantitatif kualitatif &RND.Bandung:Alfabeta.
…….. (2012) Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung : ALFABETA
….. (2013).Memahami Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif,Kualitatif, dan RND).Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Sulistyaningsih, Febriyani, Sri Mulyani, dan Suryadi Budi Utomo. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Power Point Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Isomer Dan Reaksi Senyawa Hidrokarbon Kelas X Sma Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. JPK, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 3 No. 2 Tahun 2014 Hal. 82-87
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran
Matematika, Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar & Pembelajaran di Sekolah dasar.Jakarta: Prenadamedia Group.
Suprijono, A . (2012). Kooperative Learning :Teori & Aplikasi Paikem,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiguna, I Kd. Adi, Md Sumantri, Gd Raga. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Di Gugus III Kecamatan Rendang. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol. 2 No. 1
Wijaya, dkk 2014. Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di gugus III Kecamatan Rendang. Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)