Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa

Authors

  • Irfan Abdillah Ihsan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Muhajir . Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799

Keywords:

model STAD, media puzzle

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama pada kemampuan berbicara siswa kelas V SD serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik sehingga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang dan siswa cenderung bersikap pasif Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran STAD berbantu media puzzle terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pretest-Posttest one-Group Design. Hasil analisis data hasil belajar Pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh dengan nilai rata-rata pretest 52 dan rata-rata nilai posttest sebesar 80,75. Dengan N = 20,  Diperoleh thitung = 9,765272 dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,729. Karena thitung  =9,765272> ttabel = 1,729, Maka hal ini menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat efek dari pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media puzzle. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran dikelas agar dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

References

Hamdani. (2016). Dasar-Dasar Kependidikan. Pustaka Setia.

Gusniar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(1), (198-221).

Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 80. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115

Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Wirahayu, Y. A. (2016). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 1–17. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelE91D7FB9C21685AA36E47BE7A44B0CC7.pdf

Primartadi, A. (2013). Pengaruh metode student teams-achievement division (STAD) dan problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1024

Setiasih, S. Della, & Panjaitan, R. L. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang, 1(1), 421–430. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3051

Slavin, R. E. (2010). Cooperative learning teori riset dan praktek. Nusa Media.

Sudharto, dkk. (2009). Pengantar Pendidikan. FIP IKIP PGRI Semarang.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian (Revisi Terbaru). Alfabeta.

Sutinah, dkk. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievment Devision (STAD). Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Pendidik Untuk Membangun Karakter Anak Bangsa, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Vol. 2(2016).

Tarigan, G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Trihantoyo, S. (2016). Implementasi Tipe Student Teams – Achievement Divisions ( Stad ) Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Manajemen Paud. Syunu Trihantoyo Program Studi Manajemen Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sur. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 15–23.

Yunara, Y. (2012). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Gambar Berseri Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vmadrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama 2 Pontianak.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Ihsan, I. A., ., M., & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 479–486. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799