Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799Keywords:
model STAD, media puzzleAbstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama pada kemampuan berbicara siswa kelas V SD serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik sehingga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang dan siswa cenderung bersikap pasif Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran STAD berbantu media puzzle terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pretest-Posttest one-Group Design. Hasil analisis data hasil belajar Pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh dengan nilai rata-rata pretest 52 dan rata-rata nilai posttest sebesar 80,75. Dengan N = 20, Diperoleh thitung = 9,765272 dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,729. Karena thitung =9,765272> ttabel = 1,729, Maka hal ini menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat efek dari pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media puzzle. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran dikelas agar dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
References
Hamdani. (2016). Dasar-Dasar Kependidikan. Pustaka Setia.
Gusniar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(1), (198-221).
Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 80. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293
Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115
Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Wirahayu, Y. A. (2016). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 1–17. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelE91D7FB9C21685AA36E47BE7A44B0CC7.pdf
Primartadi, A. (2013). Pengaruh metode student teams-achievement division (STAD) dan problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1024
Setiasih, S. Della, & Panjaitan, R. L. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang, 1(1), 421–430. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3051
Slavin, R. E. (2010). Cooperative learning teori riset dan praktek. Nusa Media.
Sudharto, dkk. (2009). Pengantar Pendidikan. FIP IKIP PGRI Semarang.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian (Revisi Terbaru). Alfabeta.
Sutinah, dkk. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievment Devision (STAD). Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Pendidik Untuk Membangun Karakter Anak Bangsa, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Vol. 2(2016).
Tarigan, G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Trihantoyo, S. (2016). Implementasi Tipe Student Teams – Achievement Divisions ( Stad ) Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Manajemen Paud. Syunu Trihantoyo Program Studi Manajemen Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sur. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 15–23.
Yunara, Y. (2012). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Gambar Berseri Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vmadrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama 2 Pontianak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)