Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17762Keywords:
keterampilan, membaca, pemahaman, DRTA, flip, chart,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart pada siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi experiment), dengan desain penelitian non-equivalent post-test only control group design. Sampel penelitian berjumlah 41 siswa, yang terdiri dari 21 siswa kelas V SD N 3 Bondalem sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa kelas V SD N 4 Bondalem sebagai sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Data keterampilan membaca pemahaman dikumpulkan dengan instrumen berbentuk tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (thitung = 16,559 > ttabel =2,042). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart pada kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Anggreni ,Putri (2013). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) Terhadap Sikap Sosial Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas Viii Smp Dharma Wiweka Denpasar . e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)
Dibia, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Eddy, dkk. (2014). “Pengaruh Srtategi DRTA Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. e-journal. Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 2 No.1 (hal. 5-9).
Fikri ,Hanif (2013). Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (Drta) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V . Jurnal JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216
Fatih ,Mohamad (2019). Peningkatan Membaca Pemahaman melalui Strategi Direct Reading Thingking Activities (DRTA) Siswa Kelas VA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar . JURNAL PENDIDIKAN: Riset dan Konseptual Vol. 3 No. 1, January 2019
Hairudin, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Hamsi, Nurul. 2016. “Upaya Meningkatkan hasil belajar IPS dengan metode Ceramah Kelas V”. e-journal.
Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 1 No. 1 (hal 1).
Lutfiana ,Eka (2017). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Dalam Menemukan Kalimat Utama Di Sdn Mranggen 2 . Jurnal Universitas PGRI Semarang
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Subhanato ,Aprian (2018). Perbandingan Strategi Direct Reading Thinking Activity Dan Strategi Know- Want To Learning Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iv Sdn 70 Banda Aceh . Jurnal STKIP Bina Bangsa Getsempena
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan,dan Penelitian.
Bandung: CV Wacana Prima.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.
Jakarta: Negara Republik Indonesia.
Wiguna, I Wayan Radiarta, dkk. 2014. “Pengaruh Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Gugus Belantih Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2013/2014”. e-journal. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 2 No. 1 (hal. 4-9).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)