Pengaruh Model SFAE Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA

I G. N. Pt. Adi Laksana Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berorientasi Tri Hita Karana dan siswa yang dibelajarkan tidak dengan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berorientasi Tri Hita Karana pada kelas V Sekolah Dasar di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di Gugus XV Kecamatan Buleleng, sampel penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Kalibukbuk sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V di SD Negeri 3 Anturan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Bentuk tes yang digunakan berupa objektif pilihan ganda. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis menunjukan rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran SFAE berorientasi Tri Hita Karana sebesar 23,12. Sedangkan rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang tidak menggunakan model SFAE berorientasi Tri Hita Karana sebesar 16,21. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukan thitung > ttabel (thitung= 6,821 > ttabel=1,99962). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model Student Facilitator and Explaining (SFAE) berorientasi Tri Hita Karana dan siswa yang dibelajarkan tidak melalui model Student Facilitator and Explaining (SFAE) berorientasi Tri Hita Karana pada kelas V Sekolah Dasar di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keywords


IPS; problem based learning; role playing; motivasi; hasil belajar;

Full Text:

PDF

References


Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Mulyani, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 29–34.

Pawitra, P. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Sangsit. Jurnal PGSD.

Saifuddin, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 02 Batu. JPE, 8(1).

Sanjaya, P. (2011). Filsafat Pendidikan Agama Hindu. Surabaya: Paramitha.

Sohimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sumantri; Mulyani; Johar Permana. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Undiksha Press.

Virani, I. A. D., Riastini, I. P. N., & Suarjana, I. M. (2016). Deskripsi sikap sosial pada siswa kelas 4 SDN Panarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7699/5251

Wiana, I. K. (2007). Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramitha.

Yanto, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17773

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF file view : 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.