Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Question Card untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Kayanya Negeriku

Authors

  • Ashifa Zulfika Safitri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • M. Arief Budiman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Ari Widyaningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19452

Keywords:

team, games, tournament, question, card, pemahaman, tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran teams’ games tournament berbantu media question card untuk meningkatkan pemahaman Tema Kayanya Negeriku siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan One-Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 14 yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan yang digunakan adalah (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis (uji-t), dan uji N-Gain. Uji N-Gain digunakan untuk menghitung kemampuan pemahaman tematik siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai posstest setelah diberi perlakuan dibandingkan nilai pretest sebelum diberikannya perlakuan. Hal tersebut dibuktikan pada analisis uji t hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 4,36 dan ttabel sebesar 2,022 dengan taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa model teams games tournament berbantu media question card efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman tematik siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 14 Batang. Hal tersebut diperkuat dengan Uji N-Gain yang menyatakan peningkatan pemahaman tematik siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 14 Batang berada dalam kriteria sedang dengan presentase 80%.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual :Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Kencana.

AP, N., & Amir, A. E. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd Inpres 7/83 Pasempe Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 53. https://doi.org/10.26858/jkp.v2i2.6945

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, 2(2), 233–245.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. file:///C:/Users/Diana/Downloads/530-Article Text-1025-1-10-20160318.pdf

Situmorang, Rosdiana Meliana, Muhibbuddin, & K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Edubio Tropika, 3(2).

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP, 1(1), 45–53. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1010/942.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukiniarti. (2014). Kendala Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(2).

Susanna, S. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (Tgt) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832

Wisnu D. Yudianto1, Kamin Sumardi2, E. T. B. (2014). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323–330. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual :Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Kencana.

AP, N., & Amir, A. E. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd Inpres 7/83 Pasempe Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 53. https://doi.org/10.26858/jkp.v2i2.6945

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, 2(2), 233–245.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. file:///C:/Users/Diana/Downloads/530-Article Text-1025-1-10-20160318.pdf

Situmorang, Rosdiana Meliana, Muhibbuddin, & K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Edubio Tropika, 3(2).

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP, 1(1), 45–53. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1010/942.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukiniarti. (2014). Kendala Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(2).

Susanna, S. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (Tgt) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832

Wisnu D. Yudianto1, Kamin Sumardi2, E. T. B. (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323–330. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227

Downloads

How to Cite

Safitri, A. Z., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Question Card untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Kayanya Negeriku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 278–285. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19452

Most read articles by the same author(s)