Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Satua Bali Terhadap Kompetensi Sikap Sosial
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21777Keywords:
sikap, sosial, CTL, satua, BaliAbstract
Berkurangnya sikap sosial anak diakibatkan dengan adanya perkembangan teknologi menjadi masalah yang tidak bisa diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL berbantuan satua Bali terhadap kompetensi sikap sosial siswa kelas III SDN. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan bentuk Non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 492 siswa. Sample penelitian ini mengunakan teknik random sampling, yang memperoleh sampel sebnayak 71 orang. Data kompetensi sikap sosial siswa diperoleh melalui instrumen berupa kuesioner berjumlah 30 butir yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 4,024 > ttabel 2,000 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 69, maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi sikap sosial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL berbantuan satua Bali memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi sikap sosial siswa kelas III SDN.
References
A.A.Istri Vera Mahayuni, Nym. Kusmariyatni, P. N. R. (2015). Pengaruh Media Satua Bali Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus II. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran. ejournal.unuja.ac.id
Abu Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Rineka Cipta.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publish.
Christin Septina Basani. (2015). Kurikulum Nasional Yang Berbasis Kompetensi Perguruan Tinggi Dengan Mengacu Pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Untuk Menghasilkan Kualitas Manusia Yang Kompeten Dan Berdaya Saing. MAranatha. https://journal.maranatha.edu/index.php/dialogia/article/view/709/705
Hidayatin, N. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1:), 49–56. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i1:.377
I Gusti Kade Budi Astawa, Putu Nanci Riastini, N. N. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Satua Bali Terhadap Sikap Sosial Dan Pemahaman Konsep Siswa. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.
Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361
Sadirman. (2014). . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. In 1. Prenada Media Group.
Suwarni. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(2).
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136.
Wirata, D. (2016). Pengaruh Tradisi Bercerta Sebagai Metode Pendekatan KelompokTeman Sebaya Dalam Upaya Merubah Perilaku Menyikat Gigi Siswa SDN 5 Sayan Ubud Gianyar Tahun 2016.
Yusuf, M. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. In 1. Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)