Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Satua Bali Terhadap Kompetensi Sikap Sosial

Authors

  • Kadek Puspasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • I Ketut Ardana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • Made Putra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21777

Keywords:

sikap, sosial, CTL, satua, Bali

Abstract

Berkurangnya sikap sosial anak diakibatkan dengan adanya perkembangan teknologi menjadi masalah yang tidak bisa diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL berbantuan satua Bali terhadap kompetensi sikap sosial siswa kelas III SDN. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan bentuk Non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 492 siswa. Sample penelitian ini mengunakan teknik random sampling, yang memperoleh sampel sebnayak 71 orang. Data kompetensi sikap sosial siswa diperoleh melalui instrumen berupa kuesioner berjumlah 30 butir yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 4,024 > ttabel 2,000 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 69, maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi sikap sosial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL berbantuan satua Bali memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi sikap sosial siswa kelas III SDN.

References

A.A.Istri Vera Mahayuni, Nym. Kusmariyatni, P. N. R. (2015). Pengaruh Media Satua Bali Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus II. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran. ejournal.unuja.ac.id

Abu Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Rineka Cipta.

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publish.

Christin Septina Basani. (2015). Kurikulum Nasional Yang Berbasis Kompetensi Perguruan Tinggi Dengan Mengacu Pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Untuk Menghasilkan Kualitas Manusia Yang Kompeten Dan Berdaya Saing. MAranatha. https://journal.maranatha.edu/index.php/dialogia/article/view/709/705

Hidayatin, N. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1:), 49–56. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i1:.377

I Gusti Kade Budi Astawa, Putu Nanci Riastini, N. N. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Satua Bali Terhadap Sikap Sosial Dan Pemahaman Konsep Siswa. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361

Sadirman. (2014). . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. In 1. Prenada Media Group.

Suwarni. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(2).

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136.

Wirata, D. (2016). Pengaruh Tradisi Bercerta Sebagai Metode Pendekatan KelompokTeman Sebaya Dalam Upaya Merubah Perilaku Menyikat Gigi Siswa SDN 5 Sayan Ubud Gianyar Tahun 2016.

Yusuf, M. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. In 1. Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Puspasari, K., Ardana, I. K., & Putra, M. (2019). Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Satua Bali Terhadap Kompetensi Sikap Sosial. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 422–430. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21777