Pendekatan Starter Eksperimen Berbantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

N K Ayu Risnawati, N K Yuni Antari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Buleleng indonesia Sampel penelitian ini sebanyak 66 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan  teknik statistik uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan  rata-rata nilai post-test kelompok dengan pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa lebih tinggi dari kelompok dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai thit > dari ttab sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA.


Keywords


starter;eksperimen;LKS,hasil;belajar

Full Text:

PDF

References


Agustini, A., Suastra, W., Suarni, K., Studi, P., Dasar, P., & Pascasarjana, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Starter Experiment Approach Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd. 3(2), 62–73.

Artha Saputra, Sujana, M. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Di Sd Gugus Iv Abiansemal Tahun Pelajaran2017/2018. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14618

Balukh, Jusak Ariyanto, Hery Kresnadi, M. A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Kerja Kelompok Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4(12).

Bestari , D. Yulianti, P. D. (2014). Pembelajaran Fisika Menggunakan Sea Berbantuan Games Untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 77–83.

Dibia, I. K., & Adiasih, M. M. (2017). Penerapan Pendekatan Starter Eksperimen (Pse) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa. International Journal of Elementary Education, 1(1), 72. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11442

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ismail. 2016. Edukasi: Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Aceh: jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2 (1): 33

Mei Indiarini, N. M. R., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh Starter Experiment Approach (Sea) Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17469

Nyeneng, I., Lasmawan, M., & Dantes, P. (2015). Pengaruh Model Pendekatan Starter Eksperimen (Pse) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Sains Siswa Sd Gugus Viii Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124522.

Safriandono, A. N., & Charis, M. (2014). Rancang Bangun E-Lembar Kerja Siswa sebagai Media Pembelajaran yang Praktis, Fleksibel dan Edukatif Berbasis Web. Jurnal Teknik-UNISFAT, 10(1), 25–35.

Sri Lestari. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Kelas XI Iis 1 Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta Melalui Pembelajaran Sea (Starter Experiment Approach). Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 19(2).

Suastra, I. W. (2006). Belajar dan Pembelajaran Sains. Undiksha Press.

Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Undiksha Press.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian (Revisi Terbaru). Alfabeta.

Sri Winarti Durant, I. S. “Meningkatkan Hasail Belajar IPA Khususnya Materi Energi dan Perubahannya Melalui Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas V SDN Inpres Matamaling”. Jurnal Kreatif Tadulako Online , 2014 : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/download/2942/20 22

Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21781

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF file view : 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.