Pendekatan Starter Eksperimen Berbantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21781Keywords:
starter, eksperimen, LKS, hasil, belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Buleleng indonesia Sampel penelitian ini sebanyak 66 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelompok dengan pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa lebih tinggi dari kelompok dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai thit > dari ttab sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA.
References
Agustini, A., Suastra, W., Suarni, K., Studi, P., Dasar, P., & Pascasarjana, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Starter Experiment Approach Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd. 3(2), 62–73.
Artha Saputra, Sujana, M. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Di Sd Gugus Iv Abiansemal Tahun Pelajaran2017/2018. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14618
Balukh, Jusak Ariyanto, Hery Kresnadi, M. A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Kerja Kelompok Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4(12).
Bestari , D. Yulianti, P. D. (2014). Pembelajaran Fisika Menggunakan Sea Berbantuan Games Untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 77–83.
Dibia, I. K., & Adiasih, M. M. (2017). Penerapan Pendekatan Starter Eksperimen (Pse) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa. International Journal of Elementary Education, 1(1), 72. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11442
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ismail. 2016. Edukasi: Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Aceh: jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2 (1): 33
Mei Indiarini, N. M. R., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh Starter Experiment Approach (Sea) Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17469
Nyeneng, I., Lasmawan, M., & Dantes, P. (2015). Pengaruh Model Pendekatan Starter Eksperimen (Pse) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Sains Siswa Sd Gugus Viii Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124522.
Safriandono, A. N., & Charis, M. (2014). Rancang Bangun E-Lembar Kerja Siswa sebagai Media Pembelajaran yang Praktis, Fleksibel dan Edukatif Berbasis Web. Jurnal Teknik-UNISFAT, 10(1), 25–35.
Sri Lestari. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Kelas XI Iis 1 Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta Melalui Pembelajaran Sea (Starter Experiment Approach). Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 19(2).
Suastra, I. W. (2006). Belajar dan Pembelajaran Sains. Undiksha Press.
Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Undiksha Press.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian (Revisi Terbaru). Alfabeta.
Sri Winarti Durant, I. S. “Meningkatkan Hasail Belajar IPA Khususnya Materi Energi dan Perubahannya Melalui Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas V SDN Inpres Matamaling”. Jurnal Kreatif Tadulako Online , 2014 : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/download/2942/20 22
Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)