Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103Keywords:
pemecahan masalah, open ended, matematikaAbstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika menjadi permasalahan utama penelitian ini. Hal tersebut disebabkan kurangnya pendekatan pembelajaran yang efektif yang masih terpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalen post test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Buleleng berjumlah 122 orang. Sampel penelitian adalah SDN 1 Petandakan sebagai kelompok eksperimen dan SDN 1 Nagasepaha sebagai kelompok kontrol, dengan random sampling teknik intact group. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan menggunakan instrumen tes berupa esai dengan jumlah pernyataan sebanyak 10 butir soal open ended. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan analisis data, didapat thitung lebih besar dari ttabel (13,30 > 1,68) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis open-ended berpengaruh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Buleleng.
References
Agus, Kadek Alit Dwipayana, Desak Putu Parmiti dan Komang Sujendra Diputra.2018. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SD Kelas V. Journal of Education Technology. Vol. 2 (3) pp. 87-94. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/16380/9801
Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (2011), 34–42.
Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 17–26.
Danic, I., Japa, I. G. N., & Diputra, K. S. (2019). Penguatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Open-Ended. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6, 9–22. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Giny Nuraeni Husniah, M. Maulana, dan I. Isrok’atun. 2017. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar. Jurnal Pena ilmiah Vol. 2 No. 1. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/11220/6842
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian (C. A. Offset, ed.). Yogyakarta.
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Fitriani, K., & Maulana. (2016). Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan. 3(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Hartono, Y. (2014). Matematika: Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109–118.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Juseria, Susiana Tambunan, Debora Suryani Sitinjak, dan Kimura Patar Tamba.2019. Pendekatan
Matematika Realistik untuk Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI IPS pada Materi Peluang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education Vol 2, No 2 June 2019 pages: 119 – 130. https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/1691/pdf
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Matematika Antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108.
Liwis, N., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 116–126.
Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika: Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berpikir dan Sikap Positif. Bandung: Alfabeta.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1 . 10 Padang. Jurnal Exacta, X(2), 136–139.
Sa’o, S. (2016). Berpikir Intuitif sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.43-56
Soviawati, Evi.2011. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011. http://jurnal.upi.edu/file/9-Evi_Soviawati-edit.pdf
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar , Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar The Effect of Teaching Realistic and Scientific Mathematics Approach on Students Learning Achievement , Mathema. 4(1), 1–10.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)