Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23735Keywords:
Metode Make a Match, Meningkatkan Hasil Belajar, IPAAbstract
Setelah dilakukan observasi dan evaluasi dalam pembelajaran yang hasilnya digunakan sebagai bahan refleksi atas apa yang terjadi pada mata pelajaran IPA kelas V meteri Organ peredaran darah dan fungsinya diketahui ketidakberhasilan mencapai standar keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75,00 serta adanya ketidakaktifan dan ketidakpahaman siswa pada konsep Organ peredaran darah dan fungsinya sehingga diperlukan adanya perbaikan pembelajaran. Metode eksperimen PTK diberikan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik agar dapat mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek, keadaan atau proses sesuatu dan diharapkan mampu memperbaiki hasil pembelajaran. Secara umum hasil Penelitian Tindakan Kelas meningkatkan pemahaman tentang Organ peredaran darah dan fungsinya dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran IPA pada kelas V SDN Candiwatu Kec. Pacet Kab. Mojokerto, dengan mengoptimalkan penggunaan metode Make a Macth sebagai alternatif strategi pembelajaran. Dari analisis data nilai hasil evaluasi siklus II jika dibanding dengan siklus I terdapat kenaikan yang sangat berarti. Pada siklus I dari 23 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 65.5, nilai 70 keatas dengan 17 siswa atau 60%, siswa mendapat nilai dibawah 60 dan 6 siswa atau 40%, sedangkan pada siklus II dari 23 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 8,8 dengan 21 siswa nilai 70 keatas atau 95% siswa mendapat nilai 60 hanya 2 siswa atau 5%, maka pelaksanaan siklus II telah berhasil meningkatkan prestasi belajar Organ peredaran darah dan fungsinya di SDN Candiwatu Kec. Pacet Kab. Mojokerto dengan standar keberhasilan 75,00. Hal ini menunjukkan bahwa metode Make a Macth yang digunakan peneliti terbukti dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Candiwatu Pacet Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Anita Lie.2008. Cooperative Learning . Jakarta: PT Grasindo
Apriliyani(2016) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 5 No. 9
Apriyani Diah Kartikasari, Sulistiowati(2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Gaya Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII SMP Negeri 7 Blitar. Jurnal Teknologi Pendidikan, V(2)
Aqib Zaenal(2016). Model –Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif). YramaWidya. Bandung
Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran
IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Borg,W.R. dan Gall, M.D (1983) Educational Research An Introduction.
Newyork:Longman.
Candri Cahyani Wijaya(2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Alat Laboratorium Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Tanjung balai Jurnal Pelita Pendidikan VoL. 4 No. 4 Hal: 124 – 134
Daryanto, Karim Syaiful(2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Yogyakarta.
Descchuri Cani, Kurnia Dadang, Gusyania Diah.2016. Penerapan Model Kooperatif Teknik Make a Match Dengan Media Kartu Klop Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol.1,
Essien Melad Abigail.2015. Effectiveness Of Cooperative Learning Methodology
In Improving Students’ Learning Attitudes Towards English Language.International. Journal of Arts & Sciences, CD-ROM. ISSN: 1944-6934 :: 08(02)
Faniandari suci.(2016).Pengembangan Media Pembelajaran Blind Card dan Penerapanya pada Pembelajaran Cooperative Make a Match Materi Cahaya.Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM.Vol.1 No.2
Fatimatuzzahro.(2015) Penerapan Model Cooperative Learning Dengan Teknik Make a Match Terhadap Keterampilan Proses IPA Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SMP. Vol. 4 No.2
Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Review of Research and Practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3).
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of
Physics, Indiana University.
Herlikano Melanza Agata dan Sujadi A.A (2017) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Make a Match Si. Jurnal Pendidikan IPA, Vol 5 No 2.
Hui-Hua Pai, David A. Sears, Yukiko Maeda, (2015) “Effects of Small-Group Learning on Transfer: a Meta -Analysis” Jurnal Psychol Rev,
Huiping Ning (2013) The Impact Of Cooperative Learning On Englishas A Foreign Language Tertiary Learners’ Social Skills. journal Social Behavior And Personality, 2013, 41(4),
Indrawati,2011. Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model-Model Pembelajaran
Implementasinya Dalam Pembelajaran Fisika. PMIPA FKIP Universitas Jember
Ismi Zakiah, Hadi Kusmanto.2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPA.Jurnal Pendidikan.Vol. 6 No. 1
Iwan, Ni Putu Puspa Lestari(2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem. Jurnal Nalar Pendidikan ,Volume 3, Nomor 2,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)