KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI KUTOSARI 02 BATANG

Penulis

  • Rudi Hidayat Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11839

Kata Kunci:

Think Talk Write, Media Puzzle, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. Hal tersebut dikarenakan kurangnya inovasi model dan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Think Talk Write berbantu media Puzzle dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri Kutosari 02 Batang? Dengan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Talk Write berbantu media Puzzle terhadap Hail Belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri Kutosari 02 Batang. Desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kutosari 02 Batang dengan sampel penelitian yaitu kelas VA dan VB. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunkan yaitu uji prasyarat data dan uji hipotesis. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,76285 sedangkan ttabel dengan dk=n1+n2-2 = 22+23–2 = 43, dan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh ttabel sebesar 1,68. Karena thitung > ttabel yaitu 2,76285 > 1,68 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Wrtite berbantu media puzzle lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri Kutosari 02 Batang dibanding dengan menggunakan model konvensional. Saran yang dapat penulis sampaikan pada penelitian ini adalah agar model pembelajaran Think talk Write dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.

 

Biografi Penulis

Rudi Hidayat, Universitas PGRI Semarang

Universitas PGRI Semarang

Referensi

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Chandra, Sari Rahma, Ahmad Fauzan, dan Helma. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write Dan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 (2014): Part 2 Hal 35-40

Departemen Pendidikan Nasional Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Gunawan, I Wayan, I Ketut Dibia, Luh Putu Putrini Mahadewi. 2016. Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Juniasih, Ni Wyn., I Nym. Jampel, Ni Md. Setuti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Vol 1, No 1.

Kustandi, Cecep, Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, Ni Putu Candra, Gd. Sedanayasa, Desak Pt. Parmiti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Sadiman, Arief s, Rahardjo, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Soegeng, A. Y. 2016. Dasar-Dasar Penelitian. Semarang: Magnum Pustaka Utama.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas

Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sari, Komang, dkk. 2015. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetehuan Alam Siswa Kelas IV SD N 1 Peguyangan Denpasar”. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 3 No. 1 Tahun 2015. (diunduh 14 Desember 2016 pukul 23: 43.

Sugiantari, Gusti Ayu Putu, Gede Sedanayasa, I Wayan Widiana. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Diterbitkan

2017-10-20

Cara Mengutip

Hidayat, R., Huda, C., & Mushafanah, Q. (2017). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI KUTOSARI 02 BATANG. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 179–185. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11839

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama