Pengaruh Strategi Card Sort Berbantu Media Gambar terhadap Prestasi Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16153Abstract
Pengaruh Strategi Card Sort Berbantu Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas IVSDN Bumirejo 1 Karangawen DemakTahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh strategi Card Sort berbantu media gambar terhadap prestasi belajar IPA kelas IV SDNBumirejo 1 Karangawen Demak Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental Design dan jenis yang diambil adalah One-Group Pretest-Posttest Design.Sampel yang diambil adalah 18 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan hasil posttest yaitu dari 18 siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 72,2% mencapai KKM sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa atau 27,8%. Sedangkan hasil pretest dari 18 siswa hanya 6 atau 33,3% yang mencapai KKM sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa atau 66,7%. Hasil analisis uji t diperoleh thitung= 6,3060 dan ttabel= 1,740. Karena thitung> ttabel yaitu 6,3060>1,740 maka sesuai dengan rumusan hipotesis yang diujikan, H0 ditolak dan Ha diterima,, kesimpulan bahwa strategi Card Sort berbantu media gambar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Bumirejo 1 Karangawen DemakReferences
Amin, C., & Priyono, A. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam jilid 3 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Anggayuni, Weti. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Tpe Card Sort Terhadap Pemerolehan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di SD. Untan.Artikel Penelitian. HYPERLINK "http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1894.%20Diakses%2013%20November%202017" http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1894. Diakses 13 November 2017 Pukul 20.58 WIB.
Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka bekerja sama dengan FKIP UNS.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fakhrurrazi. 2016. “Penerapan Metode Card Sort Dalam Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Mtss Darul Huda Kota Langsa Jurnal Al-Ikhtibar”. (Jurnal Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 Tahun 2016 87.
Fitriana, K. 2013. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melaui Strategi Card Sort Pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Mendongan Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajran 2013/2014. Skripsi.Perpus IAIN Salatiga.http://perpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/1c4fe96867e59051.pdf. Diakses 21 juni 2017 Pukul 19.21 WIB.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Haryanto. 2011. Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort Dan Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Getaran Dan Gelombang. Semarang. IKIP PGRI. JP2F, Volume 2 Nomor 2 September 2011. Diakses 20 September 2018 Pukul 09.44 WIB.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. 2016. Tentang Prestasi Belajar.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pendidikan, B. S. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rositawaty, S., & Muharam, A. 2008. Senang Belaja rIlmu Pengetahuan Alam 4 untuk Sekolah Dasar/Madrasah ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sakdiyah, Siti Halimatus & Yuli Ifana Sari. 2016.” Penerapan Model Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Se-Gugus Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 10 Bulan Oktober Tahun 2016 Halaman: 2004—2009.
Silberman, Melvin. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta Barat: Indeks.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syaodih, Nana. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja.
Undang-UndangNo. 20 Tahun 2003. Tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Grafika.
Zaini, H., Munthe, B., & Ariyani, S. A. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)