Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765Kata Kunci:
problem posing, semi, konkret, matematikaAbstrak
Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kompetensi pengetahuan matematika di dalam dunia pendidikan yaitu proses pembelajaran masih dilakukan secara klasikal atau kelompok besar. Penggunaan model pembelajaran yang tidak bervariasi menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting, sehingga dibutuhkan suatu model yang dapat membantu siswa meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran problem posing berbantuan media semi konkret dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas V SD pada semester genap sebanyak 643 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A SD sebanyak 49 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V A SD sebanyak 44 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes pilihan ganda biasa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 3,005 dan ttabel pada taraf signifikansi 5%, (α= 2,000. Hal ini berarti thitung > ttabel sehingga dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompotensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran problem posing berbantuan media semi konkret dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berbantuan media semi konkret berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SDReferensi
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya: Media Publish.
Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.
Elda Efriani, Lusi Eka Afri, A. (n.d.). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problrm Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mhasiswa FKIP Universitas Pasir Pengraian, 1(1), 1–5.
Hasibuan, Elmisari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa Kelas VII MTs PP Raudatussalam Rambah Pada Konsep Besaran dan Satuan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi FISIKA, Vol. 1(1).
I Putu Arie Indra Permana1, Prof. Dr. Nyoman Dantes2,Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya: Media Publish.
Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.
Elda Efriani, Lusi Eka Afri, A. (n.d.). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problrm Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mhasiswa FKIP Universitas Pasir Pengraian, 1(1), 1–5.
Hasibuan, Elmisari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa Kelas VII MTs PP Raudatussalam Rambah Pada Konsep Besaran dan Satuan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi FISIKA, Vol. 1(1).
I Putu Arie Indra Permana1, Prof. Dr. Nyoman Dantes2, D. D. P. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10910
Martiani, Eulis & Wida Rachmiati. 2016. Penerapan Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Campuran. Jurnal Ibtida'i, Vol. 3(02) ;(157-168)
Pratiwi, Trishna Ayudya. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tsts Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol. 5(2).
Rasmianti, Ike, dkk. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus Vi Kecamatan Banjar. e-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol. 1(1).
Rustina, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Peningkatan kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(Maret), 41–48.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. In 1. Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Statistiak untuk Penelitian. Alfabeta.
Supriyanto, A., Mardiyana, & Subanti, S. (2014). Karakteristik Berpikir Matematis Siswa SMP Majelis Tafsir Al- Qur ’ an ( MTA ) Gemolong dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( Spldv ) Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10), 1056–1068.
Yulisma. (2017). Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(1), 99–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3052
Yusuf, M. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. In 1. Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)