Rubrik Asesmen Kinerja Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM dengan Media Lightning Tamiya Car
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25172Kata Kunci:
Rubrik, Asesmen Kinerja, Berpikir Kritis, STEMAbstrak
Asesmen kinerja masih belum dipahami benar dalam proses implemantasi sehingga masih dirasa sulit untuk diterapkan pada rangkaian proses pembelajaran. Asesmen kinerja juga sangat rawan menjadi penilaian yang subjektif karena cukup sulit menilai asesmen kinerja jika tidak menggunakan rubrik. Rubrik berpikir kritis digunakan untuk melihat pencapaian siswa pada keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif rubrik asesmen kinerja berpikir kritis siswa pada pembelajaran STEM agar asesmen yang dilakukan lebih objektif dan lebih praktis. Penelitian ini menggunakan metode DBR dengan tahapan sebagai berikut: (1) Tahap identifikasi masalah yang dilakukan untuk memperoleh data terkait penggunaan rubrik asesmen kinerja di sekolah dasar, (2) Tahap pengembangan prototype dilakukan dengan menyesuaikan dengan desain pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran STEM. (3) Tahap uji coba dimaksudkan untuk memperoleh data kelayakan rubrik asesmen kinerja berpikir kritis, dan (4) Tahap refleksi dilaksanakan untuk memperbaiki rubrik asesmen kinerja. Sampel untuk penelitian ini yaitu siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 5 orang responden untuk melakukan simulasi asesmen menggunkan rubrik berpikir kritis yang dikembangkan. Data yang diperoleh dari uji coba dikumpulkan untuk dilihat persentase kesamaan pengisian rubrik yang dilakukan responden. Jika rubrik memiliki persentase kesamaan sebesar 80% maka rubrik dinyatakan layak untuk digunakan. Dari penelitian ini diperoleh rubrik asesmen kinerja kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran STEM yang layak untuk digunakan.
Referensi
Alsina, Á., Ayllón, S., Colomer, J., Fernández-Peña, R., Fullana, J., Pallisera, M., … Serra, L. (2017). Improving and evaluating reflective narratives: A rubric for higher education students. Teaching and Teacher Education, 63, 148–158. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.12.015
Amita, P., Prasasti, T., & Dewi, C. (2020). Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4 . 0 . untuk Guru Sekolah Dasar. 4(1), 70–77.
Artini, N. L. P. E. W., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI dan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. 2(1).
Cargas, S., Williams, S., & Rosenberg, M. (2017). An approach to teaching critical thinking across disciplines using performance tasks with a common rubric. Thinking Skills and Creativity, 26, 24–37. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.05.005
Dias, N., Dewi, L., & Prasetyo, Z. K. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA untuk Memetakan Critical Thinking dan Practical Skill Peserta Didik SMP Developing Science Assessment Instrument to Map Critical Thinking and Practical Skill of Junior High School Students. 2(2), 213–222.
Dwi, A., Ketut, Y., Rr, S., Alisa, S., & Zubaidah, N. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 4(1), 30–37.
EdLeader21. (2014). 4Cs RUBRICS : Additional Resources. 1–18.
Hamdu, G., & Suryani, I. (2019). The Analysis of Rubric Feasibility Using Video Snippets of Learning Process. 6(2), 239–252. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.14150
Haqiqi, Z., Ramdani, A., & Zulkifli, L. (2018). Analisis Kemampuan Pendidik dalam Menerapkan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X IPA SMA Di Kabupaten Lombok Timur. 4(1).
Lidinillah, D. A. M., Mulyana, E. H., Karlimah, K., & Hamdu, G. (2019). Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012053
Mediartika, N., & Aznam, N. (2018). Pengembangan instrumen penilaian portofolio berbasis multiple intelligence untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah Developing portfolio assessment based on multiple intelligence instrument for measuring critical thinking skills and scien. 4(1), 52–63.
Mertler, C. a. (2001). Designing Scoring Rubrics for Your Classroom. Practical Assessment Research Evaluation, 7, 1–10. Retrieved from http://pareonline.net/getvn.asp?v=7&n=25
Miles, B.M., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (4th ed.). USA: SAGE Publication,Inc.
Mueller, J. (2011). Authentic Assessment Toolboox. Tersedia: http://jfmueller.faculty.noctrl.edu/toolbox. [24 Agustus 2011]
Ng, C. H., & Adnan, M. (2018). Integrating STEM education through Project-Based Inquiry Learning (PIL) in topic space among year one pupils. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012020
Novalia, R., Fadiawati, N., & Rosilawati, I. (2015). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Pada Praktikum Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi. 4(2), 568–580.
Nurlenasari, N., Lidinillah, D. A. M., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2019). Assessing 21 st century skills of fourth-grade student in STEM learning. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058
Oktaviani, I., & Hamdu, G. (2018). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Instrumen Penilaian Kinerja Pada Pembelajaran Outdoor Permainan Tradisional Berbasis STEM di Sekolah Dasar. 5(4), 74–84.
Oktriawan, T., Fadiawati, N., & Rosilawati, I. (2004). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja pada Praktikum Pengaruh Luas Permukaan Terhadap Laju Reaksi. 593–604.
Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. 23–34.
Pratama, S., & Rosana, D. (2016). Pengembangan Performance Assessment untuk Mengukur dan Memetakan Practical Skills IPA Siswa pada Guided- PjBL di SMP Developing Performance Assessment to Map Science Practical Skills on Guided-PjBL. 2(1), 100–110.
Robin, T., Simon, M., & Robin, T. & Simon, M. (2004). What’s still wrong with rubrics: focusing on the consistency of performance criteria across scale levels. Practical Assessment, Research & Evaluation, 9(2), 1–6. Retrieved from http://www.asu.edu/courses/asu101/asuonline/temp/whats_still_ wrong_with_rubrics.pdf
Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah Developing Discovery-Learning Based Natural Sciences Learning Project Assessment to Assess Problem Solving Skill. 3(1), 101–110.
Trace, J., Meier, V., & Janssen, G. (2016). “I can see that”: Developing shared rubric category interpretations through score negotiation. Assessing Writing, 30, 32–43. https://doi.org/10.1016/j.asw.2016.08.001
Wulan, A. R. (2009). Kemampuan Calon Guru Biologi Dalam Menyusun Rubrik Analitis pada Asesmen Kinerja Pembelajaran B-288. 287–291.
Wulan, A. R. (2018). Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI PRESS.
Yuliani, S., Lidinillah, D. A. M., & Hamdu, G. (2019). Learn the measurement of unit length and style relations with motion accompanied by worksheets. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012055
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)