PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29823Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media gambar terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subject design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah populasi 323 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X BABUD 2 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif dan tes keterampilan menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata kelompok eksperimen yaitu 0,45 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 0,20. Hipotesis menggunakan uji t yang diperoleh adalah 0,000(P<0,05). Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Dengan demikian disarankan guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar karena sudah terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Kooperatif NHT, Hasil Belajar, Teknik Dasar Passing Bola Voli
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)