Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Model Addie Pada Materi Passing Control Sepak Bola

Authors

  • I Kadek Restu Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66639

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Tutorial, Passing Control Sepak Bola

Abstract

Proses pembelajaran di masa peralihan membuat semangat dan minat belajar peserta didik menjadi menurun yang menyebabkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK khususnya pada materi passing-control. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk video tutorial passing control sepak bola. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah ahli isi materi, ahli media, dan praktisi guru PJOK. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif adalah teknik analisis data yang digunakan. Hasil analisis dari ahli isi mata pelajaran menunjukkan bahwa video tutorial teknik dasar passing dan control sepakbola memperoleh persentase 100% pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli media pembelajaran memperoleh persentase 100% berada pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 100% berada pada kualifikasi sangat baik, tanggapan praktisi lapangan memperoleh persentase 97% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa video tutorial passing-control layak digunakan untuk pembelajaran di tingkat SMP khususnya siswa kelas VIII pada pembelajaran PJOK. Implikasi penelitian ini yaitu media video tutorial passing-control dapat digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan passing-control sepakbola.

References

Andriadi, A. (2019). BAB IPengaruh Latihan Juggling Sepakbola Terhadap Hasil Hoop Sepak Takraw Menggunakan Punggung Kaki Pada Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5705.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Astra, I. K. B., & Putra, I. K. N. (2020). Implementasi Kooperatif NHTMeningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27840.

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.

Bayu, I. M. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi Dengan Media Konkret. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(2), 248–257. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990.

Budiastawan, I. W., & Adnyana, S. (2023). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tingkat SMA dan SMK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 84–88. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56292.

Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Darsana, Satyawan, Spyanawati, & Parta. (2021). Pengembangan Video Tutorial Model Permainan Dalam PJOK Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 20–30. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Dinangsit, D., & Saputra, Y. M. (2022). Pengaruh Latihan Juggling dan Zig-Zag Run Menggunakan Bola Terhadap Keterampilan Dribbling Dalam Pembelajaran Sepakbola. Journal of Physical Education and Sport Pedagogy, 1(2), 98–117. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPESP/article/view/37987.

Ghiffary, M. (2020). Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Tingkat SMP di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 34–41.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.

Hartini, S. (2021). Upaya Pengenalan Olahraga Bridge Melalui Video Tutorial Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i1.12619.

Krisna Bayu, I. M., & Citra Wibawa, I. M. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi dengan Media Konret. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 248. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990.

Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898.

Mahlianurrahman, & Syamsu, F. D. (2019). Pengembangan Video Tutorial terhadap Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar. Elementary :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1359.

Muhlisin, A., Wijaya, M. A., & Agung, I. G. L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31939.

Noordia, M. A. & A. (2022). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Passing Pada Pemain Sepak Bola SSB Putra Permata Usia 10- 12 Tahun Di Kabupaten Tuban. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(3).

Novita, S., & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103.

Nugraha, U., Ilham, I., Harjono, H. S., & Setiawan, A. (2023). Learning Videos with Gymnastic Materials on The Character of Students’ Discipline and Cooperation. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1), 98–107. https://doi.org/10.23887/jere.v7i1.45277.

Oka Mahendra, I. B. P., Budaya Astra, I. K., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 53–58. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34858.

Park, E. E. (2022). Expanding reference through cognitive theory of multimedia learning videos. The Journal of Academic Librarianship, 48(3), 102522. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102522.

Park, Elizabeth E. (2022). Expanding Reference through Cognitive Theory of Multimedia Learning Videos. The Journal of Academic Librarianship, 48(3), 102522. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102522.

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3.

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430.

Rositayani, N. P. E., Putra, D. B. K. N. S., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 338. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16150

Saputri, K. A. L., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque. Mimbar Ilmu, 27(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.37893.

Semarayasa, I. K., Gunarto, P., & Preayani, K. K. (2023). Video tutorial-based learning media: A solution to assist students in learning sepaksila sepaktakraw skills. Journal Sport Area, 8(1), 76–86. https://doi.org/10.25299/sportarea.2023.vol8(1).10852.

Silva, H., Nakamura, F. Y., Beato, M., & Marcelino, R. (2023). Acceleration and deceleration demands during training sessions in football: a systematic review. Science and Medicine in Football, 7(3), 198–213. https://doi.org/10.1080/24733938.2022.2090600.

Stoll, J. A., Ranahan, M., Richbart, M. T., Brennan-Taylor, M. K., Taylor, J. S., Brady, L., & Singh, R. (2021). Development of Video Animations to Encourage Patient-driven Deprescribing: A Team Alice Study. Patient Education and Counseling. https://doi.org/10.1016/j.pec.2021.03.041

Sulistiyono, S., Primasoni, N., Rahayu, T. W., & Galih, D. (2022). The Relationship between Speed and Agility on the Football Skills of Young Football Players. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 11(1), 42–46. https://doi.org/10.15294/active.v11i1.54794.

Tarchi, C., Zaccoletti, S., & Mason, L. (2020). Learning from Text, Video, or Subtitles: A Comparative Analysis. Computers & Education, 104034. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104034.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. 1–23.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Wahyuni, N. L. P. I., Sudatha, I. G. W., & Jayanta, I. . N. L. (2021). The Use of Tutorial Video in Learning Energy Sources. International Journal of Elementary Education, 5(3), 479–487. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36596.

Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712.

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ariawan, I. K. R. ., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Model Addie Pada Materi Passing Control Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 245–251. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66639

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>