IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Made Jana Putra Wiana Jana Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan Olahraga Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar, teknik dasar passing voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing Voli melalui penerapan model pembelajaran tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Triamerta Singaraja tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 19 peserta didik. Pengumpulan data hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing Voli menggunakan tes untuk hasil belajar aspek kognitif serta lembar observasi untuk hasil belajar aspek afektif dan psikomotor. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, yaitu menghitung persentase ketuntasan klasikal dan hasil rata-rata persentase antar siklus kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilan tindakan. Disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing pada permainan bola voli peserta didik kelas VIII SMP Triamerta Singaraja tahun pelajaran 2021/2022. Disarankan kepada guru PJOK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan alat atau fasilitas mevariasikan pembelajaran dan lain-lain agar peserta didik lebih tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.

References

Apri Aji Arjun,Susi Yundarwati, P. M. Y. (2019). Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan,FPOK IKIP Mataram Email :dedihariady14@gmail.Cm.

Baharuddin dan Nur Wahyuni, Esa. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Bhudiarta, I Made Danu. 2008. Permainan Bola Voli Dan Bola Voli Pantai. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Budiarta. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sepak bola (Passing-Control) padapeserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2011/2012.Singaraja: Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Undiksha.

Depdiknas. (2006). . Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Fadhlani, Lathifah. 2011. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model NHT untuk Meningkatkan Motivasidan Prestasi Belajar Fisika Peserta didik Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Malang”. Tersedia pada http://fisika.um.ac.id/abstrak-skripsi-mahapeserta didik/187-lathifah-fadhlani.html diaksestgl 25 februari 2013 pukul 19.45.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jayadi, 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Lompat Jauh pada peserta didik kelas X-1 SMA Negeri 1 Payangan tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan).Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Undiksha Singaraja.

Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Universitas Pendidikan Ganesha.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual: Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama.

Luh Putu Spyana Wati, K. Y. P. (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932

Ma”Rifatullah. 2012. Penerapan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Kasihan Ngadirojo Wonogiri tahun pelajaran 2011/2012. Tersedia pada http// ma”rifatullah model pembelajaran diglib nns.ac.id/pengguna.php?mn=detail&d_id, diakses pada tanggal 25 februari 2013 pukul 19.50.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang. Universitas Negeri Malang.

Nurhasan, 1992. Evaluasi Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Nurkancana, I Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardjo dan Nurhasan. 1992. Evaluasi Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Syarifuddin, Aip. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1. Jakarta : Grasindo

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widodo, A. (2018). Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan. December.

Published

2022-09-15

How to Cite

Jana, I. M. J. P. W., Budaya Astra, I. K., & Suwiwa, I. G. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/52064

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)