Profil Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Se-Kecamatan Buleleng

I Gusti Lanang Agung Pratama Wiguna, I Nyoman Kanca, Ni Luh Putu Spyanawati

Abstract


Keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Di dalam pembelajaran PJOK, faktor internal memiliki peran yang penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, karena faktor internal itu berasal dari dalam diri peserta didik. Faktor eksternal juga memberikan dampak yang sangat besar untuk dapat membantu tercapainya keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang profil pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se-Kecamatan Buleleng, data yang di ambil yaitu untuk mengetahui kondisi riil sarana dan prasarana PJOK, guru PJOK, dan Perangkat pembelajaran PJOK.. Survei dilakukan dengan berpedoman pada PDPJOI. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa Nilai  rata-rata ketersediaan guru PJOK 137 kategori “C”. Nilai rata-rata ketersediaan perangkat pembelajaran PJOK 110  kategori “C”. Nilai rata-rata ketersediaan sarana dan prasarana PJOK 101 kategori “D”. Nilai Total ketiga aspek tersebut 349 kategori “C”. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan bahwa ketersediaan guru PJOK, ketersediaan perangkat pembelajaran PJOK, dan ketersediaan sarana, prasarana PJOK yang diakumulasi untuk mengukur kualitas PJOK di 8 sekolah SMP Negeri se-Kecamatan Buleleng, didapat 4 Sekolah masuk dalam kategori cukup dan 4 Sekolah lainnya masuk dalam kategori kurang, dengan rata-rata skor 349. Saran untuk pihak sekolah dan pemerintah agar lebih memperhatikan, mengalokasikan dan menganggarkan dana untuk melengkapi perangkat pembelajaran PJOK, sarana dan prasarana pembelajaran PJOK,  juga lebih memper hatikan jumlah dan setatus guru PJOK disekolah.

 

 


Keywords


Profil, PJOK, SMP Neger

References


Astra, I. K. B. A. I. W. (2009). TP. Sarana Dan Prasarana Olahraga. Universitas Pendidikan Ganesha.

Bayu, W. I., & Andrianto, J. R. (2016). Profil Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Jombang Tahun 2016. Bravo’s Jurnal, 2(3), 89–97.

https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/article/view/442/330

Anggara, Hery Setya. (2013). Profil Pendidikan Jasmani dan Olahraga Tingkat Satuan Pendidikan SMA dan SMP Se-Kecamatan Sedati Siduarjo.

http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Guru, Pendidika Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta.

Lanang, I. G., & Parwata, A. (2018). Profil Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan SMA / SMK di Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Riset Inovatif 2018, 415–419.

Purwanti, Y. (2007). Pangkalan Data Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Republik Indonesia 2007. Kementrian Negara Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia.

Satyawan, I Made. 2014, Survei Sarana dan Prasarana Dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMA/SMK/MA Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2014-2015, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/11308.

Purwanto, D., & Mentara, H. (2016). Profil sarana Prasarana Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri Se-Kecamatan Palu Selatan.

Sumantri, A., & Neldi, H. (2019). Profil Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di SD Gugus 1 Kecamatan Bintan Timur. JPO Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 160–164. jpdo@ppj.unp.ac.id

Suroto, H. S. A. (2013). PROFIL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMA DAN SMP SE-KECAMATAN SEDATI SIDOARJO Hery Setya Anggara Suroto Abstrak. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(3), 492–497.

Wijono. (2019). Profil Kondisi Fisik Atlet Karate Persiapan Porprov Kabupaten Tuban Tahun 2019. Prestasi Olahraga, 2(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/28720




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37352

Article Metrics

Abstract view : 508 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.