Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku

Authors

  • I Made Agus Darsana Ganesha University of Education
  • I Made Satyawan Ganesha University of Education
  • Ni Luh Putu Spyanawati Ganesha University of Education
  • I Ketut Budaya Astra Ganesha University of Education
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Keywords:

video permainan, PJOK, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tutorial model permainan dalam PJOK untuk mendukung pembelajaran tematik pada kelas 1 Sekolah Dasar. penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah video tutorial yang berisi materi tentang pengertian, tujuan, sarana. Berdasarkan analisis data dan pembahasan didapatkan hasil yaitu ahli isi materi mata pelajaran menyatakan bahwa video tutorial model permainan dalam PJOK untuk mendukung pembelajaran tematik pada kelas 1 sekolah dasar tema 3 kegiatanku memiliki kualifikasi sangat baik, dengan presentase 96%. Penilaian ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik sebesar 96%. Penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik sebesar 95%, dan penilaian praktisi lapangan memperoleh kualifikasi sangat baik sebesar 94%. Jadi dapat disimpulkan hasil evaluasi dari keempat ahli di atas bahwa video tutorial model permainan PJOK layak atau valid. Disarankan agar guru-guru PJOK dapat memanfaatkan media ini untuk proses pembelajaran.

Author Biographies

I Made Agus Darsana, Ganesha University of Education

Sports of Education

I Made Satyawan, Ganesha University of Education

Sports of Education

Ni Luh Putu Spyanawati, Ganesha University of Education

Sports of Education

I Ketut Budaya Astra, Ganesha University of Education

Sports of Education

Kadek Yogi Parta Lesmana, Ganesha University of Education

Sports of Education

References

Agustini, P. P., Kristiantari, M. . R., & Putra, D. K. N. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 8 Sumerta. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i1.7265.

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/JKKP.042.07.

Andriani, S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SDN Mayangan 6 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(1), 101–118.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(2), . 93-106. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V8i2.28920.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. MUALLIMUNA : JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH, 5(2), 74–84. Https://Doi.Org/10.31602/Muallimuna.V5i2.2950.

Cintamulya, I. (2015). Peranan Pendidikan Dalam Memepersiapkan Sumber Daya Manusia Di Era Informasi Dan Pengetahuan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V2i2.89.

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V5i2.8475.

Erni, E., & Farihah, F. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 121–131. Https://Doi.Org/10.23887/Jptk-Undiksha.V18i1.30397.

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbatuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. Https://Doi.Org/10.31629/Jg.V4i2.1369.

Giana, G. J., & Lutfi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Pada Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Sakra. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 20–29. Https://Doi.Org/10.29408/Edumatic.V3i1.1390.

Gurung, R. A. R. (2020). Call It Out: Recognizing Good Teaching And Learning. Journal Of Applied Research In Memory And Cognition, 9(2), 161–164. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jarmac.2020.02.003.

Haris, I. N. (2018). Model Pembelajaran Peer Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Journal Of Chemical Information And Modeling, 4(9), 2.

Henriksen, D., Richardson, C., & Shack, K. (2020). Mindfulness And Creativity: Implications For Thinking And Learning. Thinking Skills And Creativity, 37(December 2019), 100689. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tsc.2020.100689.

Hidayah, N., Pgmi, J., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. (2015). Tematik Sd. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 34–49.

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Bangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas Iv Di Sdn Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. Https://Doi.Org/10.17977/Um031v6i12019p045.

Idris, I., & Sida, S. C. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58–63.

Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan Video Tematik Sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68. Https://Doi.Org/10.25273/Pe.V8i1.2233.

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Dan Sikap Ilmiah Developing Science Comic Media Using The Problem-Based Learning Model To Increase The Analytical Thinking Ability And Scientific Attitude. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145-155. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V2i2.7280.

Mapicayanti, D., Jamaludin, J., & Fathoni, A. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mendesain Jaringan Lokal/LAN Kelas X TKJ. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2). Https://Doi.Org/10.29408/Edumatic.V2i2.913.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (Apri Nuryanto, Ed.). Bandung: ALFABETA.

Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. Https://Doi.Org/10.30870/Jpsd.V4i2.3856.

Nur, L., & Malik, A. A. (2020). Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani: Penerapan Teknik Memotivasi Teaching By Invitation Pada Pendekatan Teknis. Journal Of Teaching Physical Education In Elementary School, 3(2), 31–36.

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. Retrieved From Http://Jurnal.Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id/Index.Php/F/Article/View/945/795.

Parastri, R. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas Xii Bdp Di Smk Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1328–1334.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491.

Prastowo. (2018). Sumber Belajar Dan Pusat Sumber Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Putro, B. S. (2016). Faktor- Faktor Pendukung Keterlaksanaan Pembelajaran Pjok Materi Beladiri Di Slta Se-Kecamatan Sragen. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(11).

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan Pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko Melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.3881891.

Sabban, I., & Hayun, S. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Safriandono, A. N., & Charis, M. (2014). Rancang Bangun E-Lembar Kerja Siswa Sebagai Media Pembelajaran Yang Praktis, Fleksibel Dan Edukatif Berbasis Web. Jurnal Teknik-UNISFAT, 10(1), 25–35.

Saputra, A., & Filahanasari, E. (2020). Pengembangan Media Video Untuk Pengenalan Karir Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, Vol. 3, No, 499–507. Https://Doi.Org/Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jp2.V3i3.29110.

Satyawan, I. M., Kardiawan, I. K. H., & Kusuma, K. C. A. (2020). Studi Kelayakan Pembentukan Program Studi Pendidikan Jasmani Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PJ PGSD) Tahun 2019. Jurnal IKA, 18(1), 73–84. Https://Doi.Org/10.23887/Ika.V18i1.28385.

Setiawan, A., & Rahmat, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bola Tangan Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/ Jpjo.V3i1.10188.

Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237. Https://Doi.Org/10.24042/Djm.V1i2.2583.

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V8i2.28928.

Spyanawati, L. ., & Lesmana, I. K. Y. . (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V5i1.8932.

Suadnyana, I. N., Wiyasa, I. K. N., Ardana, I. K., Putra, D. K. N. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2017). Pelatihan Penyusunan Rpp Tematik Integratif Menggunakan Pendekatan Saintifik Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus VIII Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. International Journal Of Community Service Learning, 1(1), 63– 66. Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V1i1.11908.

Sugiarto, B. G. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Inklusi. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(2), 105. Https://Doi.Org/10.31851/Hon.V2i2.3011.

Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i3.25472.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. Retrieved From Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpd/Article/View/6262/3180.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V2i2.292.

Yamin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Integrasi Nasional Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2).

Downloads

Published

2021-11-17

How to Cite

Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 182–190. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>