MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PESERTA DIDIK SMA/SMK DI KECAMATAN RENDANG DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Kadek Satria Kustria Pendidikan Olahraga
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan peserta didik SMA/SMK di Kecamatan Rendang di masa pandemik covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan metode dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik di SMA/SMK di Kecamatan Rendang dengan jumlah populasi 1.257 orang dan di pilih kelas secara random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 253 orang. Data dianalisis menggunakan statistik dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan peserta didik SMA/SMK di Kecamatan Rendang di masa pandemik covid-19 yaitu berada dalam kategori tinggi yaitu 78 orang (30,83%). Disarankan bahwa agar kedepannya guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dapat mengemas proses pembelajaran di masa pandemik covid-19 lebihbaik dan bervariatif dalam melaksanakan proses pembelajaran daring.

 

Kata Kunci: motivasi, pembelajaran PJOK, pandemi covid-19.

Author Biography

Kadek Satria Kustria, Pendidikan Olahraga

Jurusan Pendikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Kustria, K. S., Agung Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PESERTA DIDIK SMA/SMK DI KECAMATAN RENDANG DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)