Penerapan Modul Pembelajaran Berbasis Permainan Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • I Made Oger Raditya Penjaskesrek, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Satyawan Penjaskesrek, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Penjaskesrek, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.52527

Keywords:

Modul Pembelajaran, Permainan, PJOK, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu acuan berhasil atau tidaknya dari proses pembelajaran yang dilakukan. Desain pembelajaran yang digunakan masih sangat sederhana sehingga proses pembelajaran kurang menarik perhatian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan modul pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar PJOK. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN 3 Banjar Jawa kelas 1 yang terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas 1A, 1B, dan 1C. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas 1C yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner dan tes. Instrument yang digunakan yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh modul pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD. Diharapkan guru menggunakan bahan ajar modul berbasis permainan untuk meningkatkan semangat belajar siswa.

References

Agustin, D. Y., Setyosari, P., & Suharti. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Digital Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140–150. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140. DOI: https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140

Agustin, I. (2019). Penerapan Identifikasi, Asesmen Dan Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, III(November), 72–80. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p72-80.

Agustini, Tomi, & Sudjana. (2016). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN KRIAN 3 Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Jasmani, 26(2). https://doi.org/10.17977/pj.v26i2.7502.

Ahadin. (2011). Pendekatan Pembelajaran Metode Bermain Pada Aspek Fisikdan Motorikdi Taman Kanak-Kanak. Visipena Journal, 2(1). https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.33. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.33

Amri, N. A. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(2), 105. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Anjasari, E. A., Srinandi, I. G. A. M., & Nilakumawati, D. P. E. (2020). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja (The Relationship between Online Game Addiction and Social Interaction in Adolescents). e-Jurnal Matematika, 9(Agustus), 177–181. https://doi.org/10.24843/MTK.2020.v09.i03.p296. DOI: https://doi.org/10.24843/MTK.2020.v09.i03.p296

Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17358.

Arikunto, S., & Cepi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Revision). Bumi Aksara.

Artini, N. P. W. D., Suadnyana, I. N., & Wiarta, I. W. (2016). Penerapan Metode Bermain Berbentuk Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif PAUD Kusuma 2. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/10.23887/paud.v4i1.7532.

Cakra, G., Dantes, N., & Widiartini, K. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Sikap Sosial Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd N 29 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2014. Jurnal Penelitian Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1579.

Darlis, N., Farida, & Miaz, Y. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 334–342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.689. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.689

Dewi, N. K., Tirtayani, L. A., & Kristiantari, R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di Paud Gugus Anggrek, Kuta Utara. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15090. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15195

Eryani, N. H. zain; I. C. S. R. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Febriandari, D., Annis Nauli, F., & Rahmalia, S. H. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Identitas diri Remaja (The Relationship of Online Game Addiction to Adolescent Self-Identity). Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 50–56. https://doi.org/10.26714/JKJ.4.1.2016.50-56.

Hendrayana, Y. (2010). Pembelajaran Permainan Dasar. Direktur Pendidikan Luar Biasa.

Herawati, R., S, R. W., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen Hots Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain Dengan Benda-Benda Di Sekitar. Jurnal Pendadikta, 1(4).

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., Ariestika, E., Widiyanto, & Nizeyumukiza, E. (2021). The Association Between Physical Activity and Self-Rated Health Among Older Adults. Journal of Population and Social Studies, 29, 450–458. https://doi.org/10.25133/JPSSv292021.028. DOI: https://doi.org/10.25133/JPSSv292021.028

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., & Nanda, F. A. (2020). Physical Activity, Nutritional Status, Basal Metabolic Rate, and Total Energy Expenditure of Indonesia Migrant Workers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5(2), 122–128. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.26791. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.26791

Ishak, M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Permainan terhadap Hasil Belajar Shooting ke Gawang dalam Permainan Sepakbola. Jurnal Utile, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.37150/jut.v3i1.141. DOI: https://doi.org/10.37150/jut.v3i1.141

Khairunnisa, I. S. J. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970

Khoirunnisa, A. L., Purwono, E. P., & Raharjo, H. P. (2012). Bakat Anak Usia Dini Dalam Olahraga Taekwondo Menggunakan Metode Sport Search Di Kabupaten Kendal Tahun 2012. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(4). https://doi.org/10.15294/active.v1i4.510.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123. DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. Cendekiawan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177. DOI: https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 01. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Prillany, T. E., & Rusdiyanto, R. M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh di Sekolah Dasar Negeri Kalibanteng. Research Physical Education and Sports, 3(1), 81–86. DOI: https://doi.org/10.31949/jr.v3i1.2789

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820

Purnamasari, I., & Febrianty, M. F. (2020). Adaptasi Latihan Judo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penjakora, 7(2), 151. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544

R. Rustiana, E. (2013). Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Harmoni. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 139–149. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1267. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1267

Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Ratna, & Utami, F. N. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Pemecahan Masalah Anak Dalam Bermain Balok. Jurnal AUDI: Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 70–79. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2729. DOI: https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2729

Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000

Rienties, B., Brouwer, N., & Lygo-Baker, S. (2013). The effects of online professional development on higher education teachers’ beliefs and intentions towards learning facilitation and technology. Teaching and Teacher Education, 29(1), 122–131. https://doi.org/10.1016/j.tate.2012.09.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2012.09.002

Rohaeni, E. (2019). Penerapan Metode Bermain Balok Dalam Mengembangkan Nilai Kognitif Anak Usia Dini Pada Paud Nuansa Kota Bandung. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i2p181-197.584.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). alfabeta.

Surniyati, P. (2019). Penerapan Kegiatan Bermain Gawang Pintar Dalam Menumbuhkan Minat Dan Pengembangan Konsep Matematika Pada Anak Tk. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 3(3), 271–279.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Yaqin, R. A., Andiana, O., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh Latihan Peregangan Statis Terhadap Fleksibilitas Pada Mahasiswa Penghobi Futsal Offering a Angkatan 2014 Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Jurnal Sport Science, 9(1), 1. https://doi.org/10.17977/um057v9i1p1-8. DOI: https://doi.org/10.17977/um057v9i1p1-8

Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

I Made Oger Raditya, I Made Satyawan, & Ni Luh Putu Spyanawati. (2023). Penerapan Modul Pembelajaran Berbasis Permainan Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 245–251. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.52527

Issue

Section

Articles