Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI Man 1 Jembrana

Authors

  • Muhammad Muammar Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali
  • H. Wahjoedi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali
  • Ni Luh Putu Spyanawati Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali

Keywords:

Minat, Berolahraga, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survei, sedangkan jenis survei yang digunakan yaitu survei kuisioner yang dijawab oleh peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 1 Jembrana Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 360 orang. Sementara sampel dipilih berdasarkan convenience sampling yang ini diambil 25% dari populasi penelitian, dimana total sampelnya adalah sebanyak 90 orang. Informasi yang dicari dalam penelitian ini adalah Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 pada peserta didik MAN 1 Jembrana.Peserta didik diharapkan untuk mempertahankan minatnya yang sudah sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemic Covid-19, dengan harapan melalui aktivitas gerak yang ada dalam pembelajaran PJOK, kesehatan peserta didik tetap terjaga dan terhindar dari penularan Covid-19 dengan meningkatkan daya tahan tubuh.Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian deskriptif kuantitatif tentang survei minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemic Covid-19, agar menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi untuk meneliti dalam lingkup yang lebih luas, sehingga diperoleh sumbangan ilmu yang lebih baik dan sesuai dengan perkembangan zaman dan diperoleh dalam penelitian lebih objektif. Guru diharapkan untuk lebih memperhatikan lagi cara agar dapat mempertahankan minat peserta didik yang tergolong baik dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi Covid-19.

References

Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Djali.2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indricha, M., Arfanda, P. E., & Juhanis, J. (2019). Survei Minat Olahraga Pengunjung Car Free Day Boulovard Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Lee, S. A., Mathis, A. A., Jobe, M. C., & Pappalardo, E. A. (2020). Clinically significant fear and anxiety of COVID-19: A psychometric examination of the Coronavirus Anxiety Scale. Psychiatry research.

Mylsidayu, A., & Pratama, R. V. (2016). Survei Minat Masyarakat terhadap Olahraga di Wilayah Marunda Baru Jakarta Utara. In Prosiding Seminar Nasional Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta .

Paturisi, Achmad. 2012. Management Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

Slameto.2015. Metodelogi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Cipta. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supriyadi, Muhammad. 2018. “Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Gelanggang Olahraga.

Published

2022-09-15

How to Cite

Muhammad Muammar, H. Wahjoedi, & Ni Luh Putu Spyanawati. (2022). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI Man 1 Jembrana. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/51985

Issue

Section

Articles