Model Problem Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Teknik Dasar Chest Pass dan Bounce Pass Bola Basket

Authors

  • I Ketut Agus Dhiana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Darmayasa Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Luh Putu Spyanawati Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57772

Keywords:

Problem Based Learning Berbasis ICT, Hasil Belajar, Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Abstract

Hasil belajar siswa secara keseluruhan terlihat bahwa hasil belajar siswa belum memenuhi target, karena belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah untuk mata pelajaran Pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT untuk meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi bola besar untuk peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, yaitu menghitung persentase ketuntasan klasikal dan hasil rata-rata persentase antar siklus kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilan tindakan. Ketuntasan belajar peserta didik pada prasiklus aspek afektif bahwa dari 33 peserta didik, peserta didik dalam kategori tuntas 19 peserta didik (57,6%), kategori tidak tuntas sebanyak 14 peserta didik (42,4%). Pada prasiklus aspek kognitif dari 33 peserta didik, kategori tuntas sebanyak 17 peserta didik (51,5%), tidak tuntas sebanyak 16 peserta didik atau (48,5%). Pra siklus aspek Psikomotor ditemukan peserta didik dalam kategori tuntas sebanyak 19 peserta didik (57,6%), tidak tuntas sebanyak 14 peserta didik (42,4%). Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi bola basket untuk peserta didik kelas VIII SMP.

References

Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580.

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292

Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Nanggulan. Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007. DOI: https://doi.org/10.1590/S1809-98232013000400007

Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., Putu, L., & Mahadewi, P. (2020). Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Pelajaran Penjaskes. 4, 186–192. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.

Dita, M. A. D. P., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2022). Buku Ajar berbasis Problem Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(3), 534–544. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934

Fikri, A., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 207–214. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241

Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(2), 1349–1355. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1 – 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Indahwati, N., Tuasikal, A. R. S., & Al Ardha, M. A. (2019). Developing Project Based Learning (PBL) as a teaching Strategy in Physical Education for Preservice Physical Education Teacher. 335(ICESSHum), 490–497. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.79. DOI: https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.79

Kiabeni, Y. Y., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Mimbar Ilmu, 26(2), 260–267. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626.

Muga, W., & D. N. L., L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863

Nagge, J. J., Killeen, R., & Jennings, B. (2018). Using a course pilot in the development of an online problem-based learning (PBL) therapeutics course in a post-professional PharmD program. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 10(2), 231–234. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005

Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the authenticity of cases, internships and problem-based learning as managerial learning experiences: Concepts, methods and lessons for practice. International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430

Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16972.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283. DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Putra, I. G. H., Kanca, I. N., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/9448.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440–447. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8720.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760

Wyn, N., Asriningsih, N., Sujana, I. W., Ayu, I. G., & Sri, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. 26(2), 260–267. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626

Yulianto, S., Roesdiyanto, R., & Sugiharto, S. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(1). https://doi.org/10.17977/jp.v2i1.8477. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Dhiana Putra, I. K. A., I Putu Darmayasa, & Ni Luh Putu Spyanawati. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Teknik Dasar Chest Pass dan Bounce Pass Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 30–36. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57772

Issue

Section

Articles