Tingkat Kedisiplinan Atlet Cabang Olahraga Akurasi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Authors

  • Brema Ekel Suranta Tarigan Ganesha University of Education
  • I Putu Panca Adi Ganesha University of Education
  • I Made Agus Wijaya Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.44349

Keywords:

Kedisiplinan, Panahan, Petanque

Abstract

Virus covid-19 yang melanda Indonesia, kedua cabor akurasi ini yaitu panahan dan petanque diberlakukan  dikarantina atau berlatih dari rumah masing-masing oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga panahan dan petanque pada masa adaptasi kebiasaan baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu atlet panahan sebanyak 45 orang dan atlet petanque sebanyak 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrument kedisiplinan. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase pada tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga panahan berada pada kategori “cukup disiplin” sebesar 4,5% (2 orang), kategori “disiplin” sebesar 24,4% (11 orang) dan kategori “sangat disiplin” sebesar 71,1% (32 orang). Untuk hasil penelitian tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga petanque berada pada kategori “disiplin” sebesar 38,9% (7 orang) dan kategori “sangat disiplin” sebesar 61,1% (11 orang). Berdasarkan nilai rata-rata tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga panahan dan petanque berada pada kategori “sangat disiplin”. Kategori ini tidak dapat digeneralisasikan, akan tetapi hanya berlaku untuk kelompok yang diteliti saja.

Author Biographies

Brema Ekel Suranta Tarigan, Ganesha University of Education

Sport Education

I Putu Panca Adi, Ganesha University of Education

Sport Education

I Made Agus Wijaya, Ganesha University of Education

Sport Education

References

Amansyah, A. (2019). Dasar Dasar Latihan Dalam Kepelatihan Olahraga. Jurnal Prestasi, 3(5), 42. https://doi.org/10.24114/jp.v3i5.13448. DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v3i5.13448

Anita, S., & Damrah. (2020). Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa New Normal Covid-19. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), 190–204. https://doi.org/10.30633/jkms.v11i1.859.

Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Dyah Purnama Sari, P. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 EFEKTIVITAS Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, 1022–1023. https://doi.org/10.1097/PCC.0000000000002513. DOI: https://doi.org/10.1097/PCC.0000000000002513

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604

Purnamasari, I., & Febrianty, M. F. (2020). Adaptasi Latihan Judo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penjakora, 7(2), 151. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544

Putri, R. M., & Sartika, R. A. D. (2021). Effects Of The Covid-19 Pandemic On Eating Habits And Exercise Habits Of The Selected High School Adolescents In West Lampung Regency. Jurnal Kesehatan Komunitas (Journal of Community Health), 7(2). https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss2.942. DOI: https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss2.942

Rosyady, A. F., Sucipto, A., Qushoyyi, T. A., Dyiono, Khairunnisa, P. A., Astaraja, A., & Endramawan, O. P. (2022). Sistem Pelatihan Smart Innovation Untuk Atlit Taekwondo Menggunakan Sensor Multivariabel Dan Terintegrasi Dengan Website Selama Pandemi Covid-19. Journal of Electrical Engineering and Computer, 4(1). https://doi.org/10.33650/jeecom.v4i1.3671. DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v4i1.3671

Supriatna, E. (2015). Kegiatan Olahraga Dan Kesinambungan Energi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.16866. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.16866

Tabi’in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–23. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989

Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Wibowo, K., Wibowo, K., Hidayatullah, M. F., & Kiyatno, K. (2017). Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/miki.v7i1.9520.

Widodo. (2014). Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 281–294. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144

Winarni, E. W., Hambali, D., & Purwandari, E. P. (2021). Pendampingan Rubrik Penilaian BDR bagi Guru SD Kota Bengkulu Semasa Pandemi Covid-19. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2622. DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2622

Yulia, H. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. English Teaching Journal, 11, 48–56. https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068. DOI: https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068

Yuliastrid, D., Jatmiko, T., Hafidz, A., Suroto, S., & Mutohir, T. C. (2022). Analysis of Physical Education, Sports and Health teacher Strategies in Learning FMS During the Covid Pandemic 19. Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 5(2), 282–298. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i2.1842. DOI: https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i2.1842

Yustina, A., Susanti, M., & Rustamti, M. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(3). https://doi.org/10.51878/elementary.v1i3.297. DOI: https://doi.org/10.51878/elementary.v1i3.297

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Suranta Tarigan, B. E., Panca Adi, I. P., & Agus Wijaya, I. M. (2022). Tingkat Kedisiplinan Atlet Cabang Olahraga Akurasi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 60–65. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.44349

Issue

Section

Articles