Tingkat Kedisiplinan Atlet Cabang Olahraga Akurasi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.44349Kata Kunci:
Kedisiplinan, Panahan, PetanqueAbstrak
Virus covid-19 yang melanda Indonesia, kedua cabor akurasi ini yaitu panahan dan petanque diberlakukan dikarantina atau berlatih dari rumah masing-masing oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga panahan dan petanque pada masa adaptasi kebiasaan baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu atlet panahan sebanyak 45 orang dan atlet petanque sebanyak 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrument kedisiplinan. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase pada tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga panahan berada pada kategori “cukup disiplin” sebesar 4,5% (2 orang), kategori “disiplin” sebesar 24,4% (11 orang) dan kategori “sangat disiplin” sebesar 71,1% (32 orang). Untuk hasil penelitian tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga petanque berada pada kategori “disiplin” sebesar 38,9% (7 orang) dan kategori “sangat disiplin” sebesar 61,1% (11 orang). Berdasarkan nilai rata-rata tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga panahan dan petanque berada pada kategori “sangat disiplin”. Kategori ini tidak dapat digeneralisasikan, akan tetapi hanya berlaku untuk kelompok yang diteliti saja.
Referensi
Amansyah, A. (2019). Dasar Dasar Latihan Dalam Kepelatihan Olahraga. Jurnal Prestasi, 3(5), 42. https://doi.org/10.24114/jp.v3i5.13448. DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v3i5.13448
Anita, S., & Damrah. (2020). Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa New Normal Covid-19. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), 190–204. https://doi.org/10.30633/jkms.v11i1.859.
Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497
Dyah Purnama Sari, P. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 EFEKTIVITAS Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, 1022–1023. https://doi.org/10.1097/PCC.0000000000002513. DOI: https://doi.org/10.1097/PCC.0000000000002513
Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604
Purnamasari, I., & Febrianty, M. F. (2020). Adaptasi Latihan Judo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penjakora, 7(2), 151. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544
Putri, R. M., & Sartika, R. A. D. (2021). Effects Of The Covid-19 Pandemic On Eating Habits And Exercise Habits Of The Selected High School Adolescents In West Lampung Regency. Jurnal Kesehatan Komunitas (Journal of Community Health), 7(2). https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss2.942. DOI: https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss2.942
Rosyady, A. F., Sucipto, A., Qushoyyi, T. A., Dyiono, Khairunnisa, P. A., Astaraja, A., & Endramawan, O. P. (2022). Sistem Pelatihan Smart Innovation Untuk Atlit Taekwondo Menggunakan Sensor Multivariabel Dan Terintegrasi Dengan Website Selama Pandemi Covid-19. Journal of Electrical Engineering and Computer, 4(1). https://doi.org/10.33650/jeecom.v4i1.3671. DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v4i1.3671
Supriatna, E. (2015). Kegiatan Olahraga Dan Kesinambungan Energi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.16866. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.16866
Tabi’in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–23. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989
Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.
Wibowo, K., Wibowo, K., Hidayatullah, M. F., & Kiyatno, K. (2017). Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/miki.v7i1.9520.
Widodo. (2014). Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 281–294. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144
Winarni, E. W., Hambali, D., & Purwandari, E. P. (2021). Pendampingan Rubrik Penilaian BDR bagi Guru SD Kota Bengkulu Semasa Pandemi Covid-19. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2622. DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2622
Yulia, H. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. English Teaching Journal, 11, 48–56. https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068. DOI: https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068
Yuliastrid, D., Jatmiko, T., Hafidz, A., Suroto, S., & Mutohir, T. C. (2022). Analysis of Physical Education, Sports and Health teacher Strategies in Learning FMS During the Covid Pandemic 19. Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 5(2), 282–298. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i2.1842. DOI: https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i2.1842
Yustina, A., Susanti, M., & Rustamti, M. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(3). https://doi.org/10.51878/elementary.v1i3.297. DOI: https://doi.org/10.51878/elementary.v1i3.297
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Brema Ekel Suranta Tarigan, I Putu Panca Adi, I Made Agus Wijaya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)