Media Video Permainan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tema Diriku
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.45708Kata Kunci:
Media Video, Permainan, Tematik, PJOK.Abstrak
Penggunaan media video pembelajaran pada proses pembelajaran dapat dikatakan masih terbilang belum maksimal. Hal ini dikarenakan terbatasnya media video yang dimiliki guru untuk digunakan dalam proses penbelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan PJOK tema diriku berbentuk video. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model analysis, design, development, implementation dan evaluation (ADDIE). Metode pengumpulan data dengan wawancara, catatan lapangan, serta dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan tanggapan dari ahli isi/materi pembelajaran memperoleh presentase 89,00% (baik), ahli desain pembelajaran memperoleh 87,00% (baik), ahli media pembelajaran memperoleh presentase 92,00% (sangat baik) dan tanggapan praktisi lapangan (guru PJOK) memperoleh presentase 94,00% (sangat baik). Hasil uji coba peserta didik dibagi menjadi dua kelompok yaitu uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 94,00% (sangat baik) dan uji coba kelompok besar memperoleh presentase 96,00% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa media video permainan PJOK tema diriku sub tema aku dan teman baru layak digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan adanya media video ini pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga tujuan pembelajaran PJOK dapat tercapai.
Referensi
Bayu, I. M. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi dengan Media Konret. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 248–257. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990.
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 270–277. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
De Berg, A. (2016). Students as producers and collaborators: exploring the use of padlets and videos in MFL teaching. Innovative Language Teaching and Learning at University: Enhancing Participation and Collaboration, 59–64. https://doi.org/10.14705/rpnet.2016.000405. DOI: https://doi.org/10.14705/rpnet.2016.000405
Dewi, N. K. R., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuk Siswa Kelas III. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7630.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87
Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.
Krisna Bayu, I. M., & Citra Wibawa, I. M. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi dengan Media Konret. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 248. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990
Laaser, W., & Toloza, E. A. (2017). The changing role of the educational video in higher distance education. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(2), 264–276. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i2.3067. DOI: https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i2.3067
Mota, P., Carvalho, N., Carvalho-Dias, E., João Costa, M., Correia-Pinto, J., & Lima, E. (2018). Video-Based Surgical Learning: Improving Trainee Education and Preparation for Surgery. Journal of Surgical Education, 75(3), 828–835. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2017.09.027. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2017.09.027
Noetel, M., Griffith, S., Delaney, O., Sanders, T., Parker, P., del Pozo Cruz, B., & Lonsdale, C. (2021). Video Improves Learning in Higher Education: A Systematic Review. In Review of Educational Research (Vol. 91, Issue 2). https://doi.org/10.3102/0034654321990713. DOI: https://doi.org/10.3102/0034654321990713
Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430
Putri, A. A., & Ardi. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931
Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138–148. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195
Rahmi, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524 .
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Rohmah, P. N., Hidayat, S., Pamungkas, A. S., & Wilujeng, H. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Stop Motion Dengan Aplikasi Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2). https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.181. DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.181
Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogia Dan Pembelajaran, 4(1), 111–121. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Media Video Animasi Pembelajaran. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Wahyudi, I. M. D., & Agung, A. A. G. (2021). Video Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 49. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 aditya kurnia wijaya Aditya Kurnia aditya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)