Kemampuan Roll ke Depan pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.62640Kata Kunci:
Roll Depan, Senam Lantai, Pendidikan JasmaniAbstrak
Roll depan merupakan gerakan fundamental dalam senam lantai dengan gerakan melompat kedepan dan menggelindingkan tubuhdan berakhir dengan posisi berdiri. Namun, selama proses pembelajaran terdapat masalah dimana siswa seringkali kurang memiliki keberanian untuk aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis peningkatan kemampuan keterampilan gerak dasar guling depan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian, meliputi tes kemampuan roll ke depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 sampel, terdapat 2 orang dengan klasifikasi sangat tinggi, 7 orang dengan klasifikasi tinggi, 6 orang dengan klasifikasi sedang, 5 orang dengan klasifikasi rendah, dan 10 orang dengan klasifikasi sangat kurang. Rata-rata nilai kemampuan roll depan adalah 20%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan roll depan siswa kelas V dan VI dapat dikategorikan sebagai kategori sedang. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang program pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan roll depan siswa. Implikasi penelitian yaitu perlunya pengembangan kemampuan roll depan pada siswa.
Referensi
Abdullah. (2022). Peningkatan Kemampuan Roll Depan Menggunakan Matras Dimiringkan Pada Siswa UPTD SDN Tlambah 1 Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang. 03(02).
Agung. (2022). Profil Keterampilan Gerak Guling Depan Siswa. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(1), 52–58. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/jok.
Ahmad Al As’ari, & M, B. A. (2022). Development of Audio Visual-Based Media for Floor Gymnastics Materials. Journal Management of Sport, 1(1), 16–20. https://doi.org/10.55081/jmos.v1i1.655.
Ahmat Sainuddin, Harwanto, & Abd Cholid. (2021). Pengaruh Pemberian Reinforcement Dan Latihan Mental Imagery Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Di Kelas V Sdn Bunajih 1 Labang Madura. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 166–173. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1232.
Akbar. (2024). Penerapan Metode PBL Dalam Pendidikan Jasmani. 11(February), 4–6.
Andika. (2020). Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Senam Lantai Roll Depan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Sdn Kaliglagah 03. SATRIA Journal Of "Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis, 2(2).
Ani. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Senam Ketangkasan Bagi Siswa. Jurnal Penggerak Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(01), 34–44.
Ansar CS, Naufal Adnan, Ade Yuni Sahruni, Sudirman, Agus Samuri, Riyan Aref, Muhtasim, Muhammad Qasash Hasyim, Sandra Arhesa, Musdalifah Ramli, A. W. (2023). Kepelatihan sepak bola. In Ari Yanto (Ed.), book chapter (1st ed., p. 165). GET PRESS.
Asri. (2021). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Kemampuan Roll Depan Mahasiswa Penjaskesrek STKIP YPUP. Sportify Journal, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.36312/sfj.v1i2.7.
Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506.
CS, A., & Ade Yuni Sahruni. (2022). Survey Tingkat Pemahaman Guru Pgsd Dikjas Terhadap Penilaian Otentik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 184–187. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.51688.
Fatkhurohman. (2022). Penggunaan Media Matras Bidang Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri Plosowangi. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(4), 276–281. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i4.1721.
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 6(3), 3(2), 524–532.
Fresa Dera Ramdani, Muhammad Mury Syafei, & Fahrudin. (2022). Pengaruh Aplikasi Senam E-Learning Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Senam Lantai Gerakan Roll Depan Pada Siswa Di Sman 1 Surade. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 133–137. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2138.
Fuzita, M. (2014). Olahraga Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 182–191. https://doi.org/10.31571/jpo.v3i2.129.
Guntoro, Tri Setyo & CS, A. (2022). PENINGKATAN Keterampilan Membuat Video Pendukung. Journal of Community Empowerment, 1(2003), 75–81.
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646.
Hananingsih. (2020). Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1593.
Hardy, C., & Mawer, M. (2012). Learning and teaching in physical education (1st ed.). Taylor & Francis library.
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.
Horidah. (2023). Riwayat penyakit infeksi dan kejadian stunting pada balita usia 24 – 60 bulan. Holistik Jurnal Kesehatan, 17(4), 345–351. https://doi.org/10.33024/hjk.v17i4.11206.
Iqbal, M. (2022). Increasing Front Rolls Learning Outcomes Through the Use of Learning Assistance Media. Journal on Education, 4(3), 1001–1006. https://doi.org/10.31004/joe.v4i3.509.
Irianto. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Multilateral, 13(1), 58–61.
Isnaeni. (2022). Faktor Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1268.
Ita, S., Cs, A., Kardi, I. S., & Syam, M. S. (2023). Pelatihan Aplikasi Talent Identification ( TID ) Cabang Olahraga Atletik Pada MGMP PJOK Kabupaten Jayapura ( Indonesian Version ) Athletic Talent Identification ( TID ) Application Training at the PJOK Teacher Working Group ( MGMP ), Jayapura Regency ( En. 3(3), 234–242.
Kamaruddin, I. dkk. (2022). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. In M. P. Ari Yanto, S.Pd. (Ed.), Pendidikan Jasmani dan Olahraga (cetakan pe, pp. 45–63). PT Global Eksekutif Teknologi.
Kumagai, H., Kaneko, T., Shintake, Y., Miyamoto-Mikami, E., Tomita, H., Fukuo, M., Kawai, W., Harada, M., Kikuchi, N., Kamiya, N., Hirata, K., Zempo, H., Maeda, S., Miyamoto, N., & Fuku, N. (2023). Genetic polymorphisms related to muscular strength and flexibility are associated with artistic gymnastic performance in the Japanese population. European Journal of Sport Science, 23(6), 955–963. https://doi.org/10.1080/17461391.2022.2078741.
Kusumawati. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–9. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/maddana/index.
Lamusu. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pola Gerak Dominan Terhadap Hasil Belajar Forward Roll Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jambura Arena of Physical Education and Sports, 2(1), 2–1. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/japes.
Lestari, N. D. (2018). Penerapan Kurikulum 2013, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Neraca, 2(1), 68–79.
Mawarni. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan teknik dasar Senam Lantai Roll Depan. Universitas Muslim Indonesia, 1(January), 106–113. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour.
Mustafa. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268.
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984.
nilam arisma, saepul ma’mun, ardawi sumarno. (2022). Survei Keterampilan Senam Lantai Guling Depan dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas VII SMP pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(3), 178–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5752034.
Nuzul Agnafia, D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Progress in Retinal and Eye Research, 6(1), 45–53.
Pradana. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128.
Ramli, M., Cs, A., & Pinangkaan, E. A. M. (2023). Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan UPAYA MENIngkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Pembelajaran Bola Voli Melalui Penggunaan Modifikasi Bola Kelas Vii Smpn 3 Tondano Kabupaten Minahasa Efforts To Improve Learning Outcomes Of Underhand Passing In Volle. 11. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i2.1143.
Sahabuddin. (2020). Kontribusi motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 449–465. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14564.
Schöllhorn, W. I., Rizzi, N., Slapšinskaitė-Dackevičienė, A., & Leite, N. (2022). Always Pay Attention to Which Model of Motor Learning You Are Using. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(2), 711. https://doi.org/10.3390/ijerph19020711.
Sefwida. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. 2, 1019–1035.
Septian. (2023). Pemanfaatan Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Guling Depan Sekolah Dasar Kelas Rendah. 2, 248–256.
Sihab. (2023). Analisis Pengembangan Media Alat Bantu Roll Depan Senam Lantai. 3, 3543–3548.
Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survey of Learning Facilities and Infrastructure for Physical Education, Sports and Health in Junior High Schools in Pringsewu Regency in 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18–24.
Sudrajat. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(3), 771–788. https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8430.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Sutoro, S., & Nurhidayah, D. (2023). Penerapan model pembelajaran langsung dengan media bidang miring untuk meningkatkan gerak dasar guling depan. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(2), 131. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i2.15303.
Syaikhudin, A. (2013). “ Volume 7, No. 2, Desember 2013 .” Jurnal Lisan A-Hal, 7(2), 313–331.
Wibowo, Firmanul Catur; Salampessy, Maryam ; Herniyatun; Sriwahyuni, Eka; Nanang; Sitopu, Joni Wilson; CS, Ansar; Syapitri, Henny; Sitorus, Efbertias; Junaidi; Nababan, D. (2023). Teknik Analisis Data Analisis Data. In C. Nanny Mayasari, S.Pd., M.Pd. (Ed.), Teknik Analisis Data Analisis Data (pertama). GET PRESS.
Widowati, A., & Rasyono. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Senam Lantai Untuk Pembelajaran Senam Dasar Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/segar/0701.
Womsiwor, D., Cs, A., Nurhidayah, D., Hasan, B., Nasruddin, N., & Syam, M. S. (2023). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga SMA 3 Sentani , Kabupaten Jayapura ( Indonesia version ) Physical Fitness Development Training for Sports Extracurricular Participants at SMA Negeri 3 Sentani , Jayapura Regency ( Engl. 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.286.
Yulio Syahdan Siregar, A., & Widowati, A. (2022). Efektivitas Bidang Miring Pada Mata Pelajaran Senam Lantai Gerakan Rol Depan Siswa SDN 93 Kota Jambi Secara Blended Learning. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19209.
Zulbahri, Z., Astuti, Y., Sasmitha, W., Pitnawati, P., Erianti, E., Damrah, D., & Rosmawati, R. (2022). effectiveness of developing gymnastics learning media with the application of teileren and global (ganze) a method based on lectora digital. Linguistics and Culture Review, 6, 248–263. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS3.2133.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ansar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)