Optimalisasi Pembelajaran Penjas pada Ranah Psikomotorik Mata Pelajaran Penjas Materi Bulutangkis
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.75919Kata Kunci:
Keberhasilan Pembelajaran, Psikomotorik, BulutangkisAbstrak
Beberapa siswa masih sering melakukan kesalahan dalam teknik dasar seperti servis yang tidak sampai dan smash yang tidak efektif. Hal ini menimbulkan masalah sebab meskipun antusiasme siswa tinggi, dan beberapa siswa mencapai prestasi luar biasa, kemampuan teknik dasar yang tidak merata dapat menghambat perkembangan keterampilan seluruh siswa secara konsisten. Tujuan penilitian yaitu untuk menganalisis tingkatan keberhasilan pembelajaran penjas pada ranah psikomotorik mata pelajaran bulutangkis. Jenis Penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes dari rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Populasi penilitian adalah siswa kelas X yang berjumlah sebanyak 70 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan penilaian mandiri dengan berdasarkan tingkat keberhasilan psikomotorik servis pendek. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tingkat Pembelajaran pada ranah psikomotorik mata pelajaran penjas dengan materi bulutangkis dikategorikan pada tingkat sedang. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang belum sesuai dengan kapasitas pemahaman dan daya tangkap seluruh siswa. Kurangnya sarana dan prasarana di sekolah juga berdampak negatif terhadap proses pembelajaran. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa tingkat penguasaan teknik dasar bulutangkis oleh siswa berada pada level yang cukup baik, namun masih memerlukan peningkatan untuk mencapai kategori yang lebih tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam mengadopsi pendekatan yang lebih terstruktur sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran psikomotorik dan mengoptimalkan potensi siswa dalam olahraga.
Referensi
Adlun, F., & Basri, H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Dengan Pemanfaatan Aplikasi Penjaspedia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Jonggol. Paradigma, 19(1), 26–39. https://doi.org/10.33558/paradigma.v19i1.3265.
Arizzi, H., & Kustoro, A. (2022). Ketepatan Pukulan Smash Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bulutangkis Di SMP Negeri 3 Lamongan. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 371–382. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.378.
Arsurya Prasetya, E., Yuliawan, D., & Lusianti, S. (2024). Hubungan Antara Kelentukan Pergelangan Tangan dan Kekuatan Otot Lengan Bahu Terhadap Akurasi Pukulan Smash Pada Atlet PB Brave Shine Kediri Usia Pra Pemula 12-13 Tahun The Relationship Between Wrist Flexibility and Shoulder Arm Muscle Strength on Smash Hi. Nusantara Sporta: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Keolahragaan, 2(01), 19–30. https://doi.org/10.2023/ns.v2i01-pp19.
Artha, I. K. A. (2021). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Smash Bulutangkis Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 4 Busungbiu. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 46-55. https://doi.org/10.5281/zenodo.4420479.
Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2021). Survei Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96–103. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4000.
Azis, A. (2024). Pelatihan Keterampilan Teknik Dasar Permainan Bulu tangkis di Desa Pandan Wangi kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 48–56. https://doi.org/10.36312/nuras.v4i2.266.
Bulutangkis, S., Sma, D. I., & Singkawang, N. (2022). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Edukasimu, 3(4), 0–15. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/114.
Kurnia, A. H., Hendityo, G., & Miftachul, A. (2021). Tingkat Kemampuan Pukulan Servis Panjang dan Pendek Bulutangkis PB Madani Kategori Anak-anak ( Under-13 ). Journal of Education and Sport Science ( Jess ), 2(2), 72–78. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/JESS/article/view/4833.
Kurnia, A., Prasetyo, D. E., & Ricky, Z. (2022). The Developmment of Learning Model of Basic Technique in the College Students of PJKR. TOFEDU: The Future of Education Journal, 1(2), 189–198. https://doi.org/10.61445/tofedu.v1i2.41.
Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumua, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132.
Marsheilla, R., Adhi Nugroho, R., & Arifai, A. (2023). Pengaruh Metode Drill Terhadap Peningkatan Keterampilan Servis Panjang Bulu Tangkis Pada Atlet PB Macan Tunggal. Jendela Olahraga, 8(2), 113–121. https://doi.org/10.26877/jo.v8i2.14877.
Marsuna. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui. Jurnal Patriot, 5(4), 167–176. https://doi.org/10.24036/patriot.v5i4.993.
Melani, S. A., Hasanuddin, H., & Siregar, N. S. S. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Gangguan Makan Anorexia Nervosa Pada Remaja Di SMAN 4 Kota Langsa. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v3i2.662.
Mu’min, H., & Wyhardes. (2024). Penerapan Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy ( REBT ) Dengan teknik ABCD ( Studi Kasus Rasa Kurang Percaya Diri Pada Siswa ) The Implementation of Individual Counseling Using the Rational Emotive Behavior Therapy (. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(1), 127–141. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/18.
Mudayat. (2023). Efek Metode Latihan Drill Terhadap Ketepatan Smash Atlet Bulutangkis Berusia Muda di Yogyakarta. Indonesian of Interdiciplinary Journal, 13(2), 60–67. https://jurnal.desantapublisher.com/index.php/desanta/article/view/102.
Natal, Y. R. (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP di Masa Pandemi. Jurnal Penjakora, 9(1), 62–70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.46546.
Nugroho, S. (2020). Industri Olahraga (S. Amalia (ed.)). UNY Press. https://books.google.co.id/books?id=RiAPEAAAQBAJ.
Pesik, D. K., Sengkey, A., & Kumenap, E. (2020). Perubahan Istilah Pendidikan Olahraga ke Pendidikan Jasmani Bagi Guru-Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Passi Timur (Studi Multi Kasus). Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga, 2(2), 296–305. https://doi.org/10.53682/pj.v3i2.5341.
Pratama, W. P., & Rahmadani, A. (2024). Pengaruh Latihan Sirkuit Training Terhadap Forehand Smash Bulutangkis Atlet PB Realita Pekanbaru. Journal of Creative and Innovative Research, 4(02), 7823–7830. https://j-catha.org/index.php/catha/article/view/29.
Rafli Marwan, M., Sukron Fauzi, M., Hamdiana, & Naheria, N. (2022). Analisis Keterampilan Servis Pendek Dan Servis Panjang Atlet PB.Hollywood Kota Samarinda. Borneo Physical Education Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30872/bpej.v3i1.934.
Razali, G., Andamisari, D., Putranto, A., Ambulani, N., Sanjaya, F., & Deryansyah, A. D. (2023). Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial. Community Development Journal, 4(2), 4765–4773. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16094.
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38199.
Ruhiyat Muharam, A., Dimyati, A., & Effendi, R. (2024). Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Permainan Bulutangkis Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Baru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15147–15158. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14532.
Simbolon, A. B., & Dicky Hendrawan. (2022). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28–32. https://doi.org/10.55081/jurdip.v2i2.628.
Sumintarsih, S., & Saptono, T. (2022). Teknik Servis Bulutangkis dengan Metode Latihan Terus Menerus dan Interval. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 395–403. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.384.
Suwanto, W. (2024). Media Audiovisual dalam Pembelajaran Teknik Dasar Bulutangkis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4, 3309–3317. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10820.
Syafi`ut, T. N. R., & Musta`in, S. A. (2022). Nilai Kognitif, Afektif dan Psikomotorik dalam Kisah Nabi Musa AS dan Nabi Khadir AS (Analisis QS. Surah al-Kahfi ayat 60-82). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(5), 1260–1275. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2222.
Wardani, K., Widiyatmoko, F. A., & Huda, M. (2022). Pengaruh Metode Drill Dengan Sasaran Kardus Shuttlecock Dalam Meningkatkan Akurasi Smash Pemain Bulutangkis Putra. Online) Journal of Physical Activity and Sports, 3(2), 1–4. https://mahardhika.or.id/jurnal/index.php/jpas/article/view/126.
Zainuddin, E., Bakar, A., & Sianto, M. I. (2023). Dampak Latihan Flick Serves Terhadap Kemampuan Servis Panjang Bulutangkis Pada Siswa SMP Negeri 3 Kepulauan Walea. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.55933/pjga.v4i1.651.
Zazkiach, W. O. N., Asmuddin, Asshagab, M., & Saman, A. (2023). Hubungan Koordinasi Mata Tangan dengan Kemampuan Servis Panjang Permainan Bulutangkis Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Angkatan 2020 FKIP Universitas Halu Oleo. Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 25–30. https://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/15.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ansar CS

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)