Metode Pembelajaran Berbantuan Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Teknik Dasar Pencak Silat Tendangan Lurus

Penulis

  • Alfi Maisatul Mukaromah Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.78346

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran Part And Whole, Video Tutorial, Silat, Tendangan Lurus

Abstrak

Pencak silat tidak hanya mengajarkan keterampilan fisik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai disiplin, keberanian, dan ketahanan diri. Namun, kenyataannya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari teknik dasar pencak silat, khususnya tendangan lurus. Kesulitan ini sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap gerakan yang benar, minimnya waktu praktik yang efektif, dan kurangnya alat bantu belajar yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi teknik dasar pencak silat tendangan lurus pada peserta didik melalui implementasi metode pembelajaran part and whole berbantuan video tutorial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, Observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X yang berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 12 orang putra dan 14 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil utama penelitian menunjukan bahwa hasil blajar dalam materi teknik dasar pencak silat tendangan lurus meningkat, melaui impelemntasi metode pembelajaran part and whole berbantuan video tutorial untuk meningkat kan hasil belajar PJOK materi teknik dasar pencak silat tendangan lurus. Implikasi penelitian ini adalah penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran dapat menjadi alternatif yang efektif dan inovatif dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran tradisional, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya pengajaran.

Referensi

Abdurahman, R. M., Simanjuntak, V. G., & Purnomo, E. (2014). Keterampilan Gerak Dasar Tendangan Sabit Di Perguruan Pencak Silat Kijang Berantai Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(6), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6027.

Agus Dipa Prayatna, I. P., Sudiarta, I. G. P., & Gita, I. N. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viiid Smp Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 40. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19894.

Ahmad, A. A., & Wijaya, M. A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization Berbantuan Media Tutorial Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Shooting Free Throw Bola Basket. 22(1), 36–41.

Alfi, P. (2019). Psikologi Belajar. In Grup Penerbit CV Budi Utama.

Ariani-Kurnia, D. (2014). Kontribusi kelincahan dan kecepatan terhadap tendangan sabit pada atlet pencak silat putra usia 12-14 tahun. Jurnal Ilmu Kesahatan Universitas Negeri Surabaya, 2 (2), 158–163.

Arke, I. G., Wijaya, M. A., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbantuan Video Tutorial pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 165. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39478.

Artawijaya, I. P. E., & I Putu Panca Adi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Materi Teknik Dasar Pencak Silat. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 37–44. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57869.

Ashari, K. H., & Bayu Utomo, A. W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Sabit Pencak Silat Melalui Modifikasi Bola Plastik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 509–513. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1359.

Eksperimen, P. P. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Video Berbasis. 10(2), 55–65.

gunarto, P., & Dkk. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Kura dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.54208.

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio, 7(4), 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566.

Karimah, W. (2019). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 25. https://doi.org/10.31941/delta.v6i2.913.

Ma’azi Azizah, I. (2022). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya di Kelas IV MIN Ngronggot Nganjuk. http://news.okezone.com.

Made, M. A. W., Suwiwa, I. G., Bayu, W. I., & Estrella, E. O. (2023). ICT TPACK-Oriented of Floor Gymnastics Learning Media for Elementary School Students. Journal of Education Technology, 7(1), 34–44. https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.57076.

Marlianto, F., Yarmani, Y., Sutisyana, A., & Defliyanto, D. (2018). Analisis Tendangan Sabit Pada Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(2), 179–185. https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8740.

Mendrofa, F. (2021). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2125–2131. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1124.

Meranti Raya Nomor, J., Bengkulu, K., Chrisdianto, M., Satinem, Y., & Suhdy, M. (2021). Analisis Teknik Dasar Pencak Silat PSHT Rayon Lubuk Kupang Ranting Lubuklinggau Selatan 1 Affiliation: 1. STKIP PGRI Lubuklinggau Corresponding. Educative Sportive-EduSport, 2(1), 21–26.

Muslim, A. Q., & S, S. I. G. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Mustafa, P. S., Alatas, H. F., & Mediatama, I. (n.d.). Pola Latihan Tendangan “ T ” Bagi.

Pendidikan, J., Gugus, O., & Timur, K. B. (2020). Profil Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di SD (Vol. 2, Issue ue 1)).

Prameswary, A. R., & Handayani, K. D. (2022). Penerapan Metode Stad Berbantuan Video Tutorial Autocad 2d Mata Pelajaran Aplpig Kelas XI SMKN 1 Kemlagi. 51–58.

Pratama, R. (2023). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada MTsN di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1).

Sahidu, H., Harjono, A., Yeni, M., Keguruan, F., & Mataram, U. (2012). Efektivitas penerapan model. 4(2), 167–179.

Santiana, Noor, S., Widyaningsih, H., Siregar, S., Jasiah, Baidhowi, M. M., Latar, I. M., Ningtyas, D. T., Mulya, N., Hijrah, Yahya, Zamista, A. A., Alamsyah, F. F., Makleat, M. Y., Susilawati, E., Siyono, Makleat, N., Hau, R. R. H., Sriwahyuni, E., … Sefriana, N. (2022). Nuansa Transformasi Teknologi Dan Pelatihan Support Sistem.

Saputra, I. S. A., & R, W. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Bagian dan Keseluruhan Terhadap Kemampuan Renang Gaya Bebas. Journal of Physical Education and Sport Science.

Stocks, N. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Olahraga. 3, 1–23.

Suci, W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al-Islam Di SMA Muhammadiyah 1 Gisting Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran.

Tresnawati, D., Supriatna, A. D., & Puadi, A. N. (2022). Perancangan Aplikasi Pengenalan Teknik Dasar Pencak Silat untuk Anak Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Algoritma, 19(1), 238–248. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1059.

Trimizi, T., Iman, I., & Elfry, E. (2020). Pengaruh Part Wdole Method Terhadap Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa, 1(1), 19. https://doi.org/10.26418/jpjk.v1i1.43579.

Wati, N. K. W. T. W. W. T., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan dan Kelincahan Berbasis Video Tutorial. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45025.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Mukaromah, A. M. ., & I Ketut Semarayasa. (2024). Metode Pembelajaran Berbantuan Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Teknik Dasar Pencak Silat Tendangan Lurus. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(1), 45–53. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.78346

Terbitan

Bagian

Articles