Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • L. P.R. Wedanthi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • M.G. Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus V Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi adalah 231 siswa, sedangkan jumlah sampel adalah 64 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling melalui pengacakan kelas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dalam bentuk tes uraian terstruktur. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu, thitung = 3,185 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 62 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 3,185 > ttabel = 2,000, maka Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Problem Based Learning berbasis media audio visual adalah 50,76, sedangkan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 43,30. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan model Problem Based Learning berbasis media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus V Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Wedanthi, L. P., Putra, M., & Kristiantari, M. R. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 203–210. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16276

Issue

Section

Articles