Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16276Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus V Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi adalah 231 siswa, sedangkan jumlah sampel adalah 64 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling melalui pengacakan kelas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dalam bentuk tes uraian terstruktur. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu, thitung = 3,185 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 62 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 3,185 > ttabel = 2,000, maka Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Problem Based Learning berbasis media audio visual adalah 50,76, sedangkan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 43,30. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan model Problem Based Learning berbasis media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus V Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018Downloads
Published
2018-12-19
How to Cite
Wedanthi, L. P., Putra, M., & Kristiantari, M. R. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 203–210. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16276
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)