Media Permainan Monopoli Pada Muatan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32426Keywords:
Media Monopoli, Sekolah DasarAbstract
Mata pembelaaran PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang didalamnya terdapat penanaman nilai-nilai pancasila, namun pada proses pelaksanaan pembelajaran PPKn siswa sekolah dasar cenderung pasif, sehingga menyebabkan hasil belajar PPKn siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan pengembangan media monopoli. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dalam penilitian ini dilakukan dengan metode wawancara, metode kuesioner, dan metode observasi. Rancangan uji produk dilakukan oleh beberapa ahli dan siswa yaitu: (a) ahli materi pelajaran, (b) ahli desain pembelajaran, (c) ahli media pembelajaran, dan (d) uji coba perorangan yang meliputi tiga orang siswa. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Dari data hasil penelitian didapatkan persentase kelayakan media monopoli dari ahli materi pembelajaran yaitu 93%, persentase kelayakan media monopoli dari ahli desain pembelajaran sebesar 91,6%, persentase kelayakan media monopoli dari ahli media pembelajaran adalah sebesar 90%, dan dari uji coba perorangan persentase kelayakan media monopoli adalah sebesar 90,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media permainan monopoli pada muatan PPKn siswa kelas IV SD layak digunakan dalam prose pembelajaran.
References
Achdiyat, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap Cara Belajar dan Prestasi belajar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 49–58. https://doi.org/10.30998/.v5i1.2353.
Aenon, N. (2020). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(3). http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965.
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Alfah, R. (2020). Perancangan Game Untuk Murid Sekolah Dasar Bergenre Arcade Disertai Materi Soal Pelajaran Dengan Model ADDIE. Technologia Jurnal Ilmiah, 11(1). http://dx.doi.org/10.31602/tji. v11i1.2692.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot” Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118.
Arif, Muhammad Faisal; Praherdhiono, Henry; Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329–335. http:// doi.org/10.17977/um038v2i42019p329.
Asyhari, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5, 1–13. https://doi.org/10.24042/ jpifabiruni.v5i1.100.
Atma Hidayat, & M. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Batik Kelas V Sd Siti Aminah Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3, 218–226. https://jurnalmahasiswa.unesa. ac.id/index.php/va/article/view/12403.
Candra, A. A., & Masruri, M. S. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran PKn SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 109–114. https://doi. org/10.21831/hsjpi.v2i2.7662.
Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.
Hidayat, H. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2). http://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24759.
Hidayati, A.S., A. E. P., & H., P. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SD Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1). http://doi.org/ 10.23887/jpku.v8i2.24759.
Istikomah, N. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(3), 130–139. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/11855.
Jelvida, R. G. (2019). Pengembangan Media Permainan Monopoli Keragaman Indonesia Berbasis Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan Kelas Iv Sekolah Dasar. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1). https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/ppkn/article/view/110.
Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934.
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346.
Nuswantari, N. (2018). Model Pembelajaran Nilai-nilai Toleransi untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2255.
Puteri, W. A., Maharani, D. A., & Wulandari, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Sd N 1 Serayu Larangan. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 122. https://doi.org/10.31002/abdipraja. v1i1.3146.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439.
Rikizaputra, & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. https://doi.org/10. 31849/lectura.v11i1.3760.
Romadhona, N. F. (2016). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Kelas VII dan VIII SMO Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/jmtp/article/view/16497.
Rusmulyani, K. (2020). Studi Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Bagi Aparatur Sipil Negara Berbasis Implementasi Model ADDIE. Susunan Artikel Pendidikan, 5(2). http://doi.org/10.30998/ sap.v5i2.6957.
Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak(Visual, Auditorial, Kinestetik)Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.395.
Sari, P. I. (2018). Implementasi Model ADDIE Dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen Terhadap Motivasi Wirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(1). https://doi.org/10. 26740/jepk.v6n1.p83-94.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.
Setiawan, A. (2020). Desain Pembelajaran untuk Membimbing Siswa Sekolah Dasar dalam Memperoleh Literasi Saintifik. Literasi Saintifik. https://doi.org/10.35542/osf.io/u59f8.
SHABRINA SAJIDAH, H., & Fitrayati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Perdagangan Internasional Di Sman 1 Taman - Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3), 1–4. https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p.
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js. 2020.v10.i3.p231-243.
Suartama, I. K. (2010). Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 253–262.
Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. F. A. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1328.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarantri, H. (2020). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Pada Mata Pelajaran PKN DI SD Setia Budi Abadi. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy, 1(1). https://jurnal.uisu.ac.id/index. php/jetcivil/article/view/3601.
Thaariq, Z. Z. A., Lindawati, L., & Puspita, R. D. (2020). Profesionalitas Guru Sekolah Dasar dalam menghadapi Ragam Karakteristik Belajar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26523.
Ulfaeni, S. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(4). http://journals.ums.ac.id/ index.php/ppd/article/view/4990.
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10. 23887/jet.v3i3.21735.
Yuliawati, L. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)