Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn

Authors

  • I Wayan Agus Juliarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27361

Abstract

Jenis Penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan desain Eksperimen semu dan rancangannya non equivalen control group. Populasinya seluruh kelas V yang ada di Gugus Letda Made Putra yang terdiri dari 11 kelas dengan dua sampel penelitian diambil dengan cara random sampling terdapat sampel eksperimen yang diterapkan model Take and Give berbantuan Question Card untuk kelas V SD 18 Dangin Puri sebanyak 39 siswa dan kelas V Sd 2 Dangin Puri sebanyak 39 siswa sebagai kontrol yang dibelajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Setelah dilakukan penelitian menunjukakan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan PPKn kedua kelompok. Terbukti dari nilai rata – rata kelompok eksperimen yaitu   X̅ = 0,733 lebih dari kelompok kontrol X̅= 0.445. dan setelah dianalisis menggunakan t-test dengan rumus polled varians. Diperoleh ananlisis datanya (thitung=1,789 > ttabel =1,992) dengan alpha 5% dan (dk =39+39-2=76) maka penolakan Ho dan penerimaan Ha  yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok sampel. Maka dari itu dengan penerapan model Take and Give berbantuan media Question Card memberi Pengaruh Pada Kompetensi Pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020.

Author Biographies

I Wayan Agus Juliarta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Made Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abdul Kadir, 2014. Pengenalan sistem imformasi Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta.

Ardani , Ni Putu Mita ardani. 2014. “Pengaruh Model Kooferatif TGT Berbantuan Question Card terhadap hasil Belajar Ips. Siswa Kelas V. Journal Jurusan PGSD Undiksh. Vol:2, No 1

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwoketo: Yayasan Sanitarian Banyumas Yasamas.

Darmadi, 2013 Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

Dewi, 2014 Pengaruh Kompetensi Sumber daya Manusia dan Penerapan sistem akuntansi Keungan daerah terhadap kualitas laporan keungan daerah pada satuan kerja perangkat daerah skpd Kabupaten empat lawing sumateraselatan. Jurnal ekonomi, manajamen dan akuntasi I Vol: 24 No 1. Juni 2015.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Yrama Widya.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistka Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, Ani Sri, Pendidikin Pancasila dan Kewarganegaraan PPKn, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Juliarta, I. W. A., Putra, M., & Oka Negara, I. G. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 166–173. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27361

Issue

Section

Articles