Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27361Abstract
Jenis Penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan desain Eksperimen semu dan rancangannya non equivalen control group. Populasinya seluruh kelas V yang ada di Gugus Letda Made Putra yang terdiri dari 11 kelas dengan dua sampel penelitian diambil dengan cara random sampling terdapat sampel eksperimen yang diterapkan model Take and Give berbantuan Question Card untuk kelas V SD 18 Dangin Puri sebanyak 39 siswa dan kelas V Sd 2 Dangin Puri sebanyak 39 siswa sebagai kontrol yang dibelajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Setelah dilakukan penelitian menunjukakan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan PPKn kedua kelompok. Terbukti dari nilai rata – rata kelompok eksperimen yaitu X̅ = 0,733 lebih dari kelompok kontrol X̅= 0.445. dan setelah dianalisis menggunakan t-test dengan rumus polled varians. Diperoleh ananlisis datanya (thitung=1,789 > ttabel =1,992) dengan alpha 5% dan (dk =39+39-2=76) maka penolakan Ho dan penerimaan Ha yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok sampel. Maka dari itu dengan penerapan model Take and Give berbantuan media Question Card memberi Pengaruh Pada Kompetensi Pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020.
References
Abdul Kadir, 2014. Pengenalan sistem imformasi Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta.
Ardani , Ni Putu Mita ardani. 2014. “Pengaruh Model Kooferatif TGT Berbantuan Question Card terhadap hasil Belajar Ips. Siswa Kelas V. Journal Jurusan PGSD Undiksh. Vol:2, No 1
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwoketo: Yayasan Sanitarian Banyumas Yasamas.
Darmadi, 2013 Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
Dewi, 2014 Pengaruh Kompetensi Sumber daya Manusia dan Penerapan sistem akuntansi Keungan daerah terhadap kualitas laporan keungan daerah pada satuan kerja perangkat daerah skpd Kabupaten empat lawing sumateraselatan. Jurnal ekonomi, manajamen dan akuntasi I Vol: 24 No 1. Juni 2015.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Yrama Widya.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistka Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rahayu, Ani Sri, Pendidikin Pancasila dan Kewarganegaraan PPKn, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)