Media Rubik Pada Pembelajaran IPA Pada Penerapan Model Think Pair Share

Authors

  • Lolita Dwi Resmiana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Ahmad Nashir Tsalatsa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17392

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran TPS berbantu media rubik terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bulakan Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One Gruop Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Rata-rata nilai pre-test yang diperoleh dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 44. Sedangkan nilai rata-rata post-test diperoleh dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai t-hitung ≥ t-tabel (17,17 > 1,980) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran TPS berbantu media Rubik terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bulakan Kabupaten Pemalang.  Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran TPS dan media Rubik dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar

Downloads

How to Cite

Resmiana, L. D., Siswanto, J., & Tsalatsa, A. N. (2019). Media Rubik Pada Pembelajaran IPA Pada Penerapan Model Think Pair Share. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 138–144. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17392

Issue

Section

Articles