Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Rofiqoh Nadila Cahyaningsih Jurusan Pendidikan guru Sekolah Dasar
  • Joko Siswanto Jurusan Pendidikan guru Sekolah Dasar
  • Sukamto Sukamto Jurusan Pendidikan guru Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014

Keywords:

Project Based Learning, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Pasar Banggi Rembang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Desaigns jenis one-group pretest posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Pasar Banggi Rembang yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2019/2020. Data dalam penelitian diperoleh melalui (1) tes (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir, uji ketuntasan belajar dan uji-t (uji hipotesis). Uji normalitas dilakukan guna mengetahui data kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji ketuntasan belajar dilaksanakan guna mengetahui tuntas atau tidaknya hasil belajar siswa dengan tolak ukur KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil analisis pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest lebih tinggi dari hasil pretest selain itu diperkuat dengan adanya perhitungan uji t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 15,600dan ttabel sebesar 2,023 karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan. Maka kesimpulannya adalah model Project Based Learning efektif terhadap hasil belajar siswa.

References

Aliefyan, Retha Rose. 2014. Kefektifan Stategi Project Based Learning Berbantu Modul Pada Hasil Belajar Kimia Siswa.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2): 1360-1369.

Amanda, N. W. Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-11.

Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Andana, Edi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Tegallalang.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 1-9.

Andari, Ni Made Nepri. 2016. Penerapan Model Project Based Learning Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 20 Dangin Puri.E- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-12.

Anitah, Sri. 2012. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Santi. 2017. Efektivitas Model Project Based Learning Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Energi Gerak Di Kelas III SDN 2 Banda Aceh.Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jagantara, Wirasana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap hasil belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-11.

Kadir, Abd dan Hanun Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kamayani, Diah. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng.Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.

Khoiri, Nur. 2016. Efektifitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015.Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1): 19-24.

---------------. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2): 142-146.

Kusuma, Santi Fajarwati. 2017. Pengaruh Project Based Learning Berbantu Multimedia Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMA.Jurnal Pendidikan, 2(3): 315- 321.

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Masykur, Rubhan. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash.Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2): 177-186.

Nursit, Isbadar. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point (Macro-Enabled) Pada Mata Kuliah Geometri Euclid Dalam Pembalajaran Matematika. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 4(1): 41-49.

Nyoman, Ni Parwati. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22. Tentang Standar Proses. 2016.

PISA 2015. PISA 2015 Result in Fokus: OECD Better Policies For Better Lives.

Purwandari, Novita. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Srandakan.Jurnal PGSD UNY.

Saputra, dkk. 2018. SUPLEMEN Pengembangan Pendidikan IPA SD. Semarang: Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang.

---------. 2015. Dasar-dasar Pendidikan IPA SD. Semarang: Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang.

Sudjana. 2005.Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, Maman. Aplikasi Project Based Learning (PBL) Untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Depok: Bioma Publishing.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widi, Asih Wisudawati. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Wilis, Ratna Dahan. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Cahyaningsih, R. N., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)