Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014Keywords:
Project Based Learning, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Pasar Banggi Rembang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Desaigns jenis one-group pretest posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Pasar Banggi Rembang yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2019/2020. Data dalam penelitian diperoleh melalui (1) tes (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir, uji ketuntasan belajar dan uji-t (uji hipotesis). Uji normalitas dilakukan guna mengetahui data kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji ketuntasan belajar dilaksanakan guna mengetahui tuntas atau tidaknya hasil belajar siswa dengan tolak ukur KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil analisis pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest lebih tinggi dari hasil pretest selain itu diperkuat dengan adanya perhitungan uji t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 15,600dan ttabel sebesar 2,023 karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan. Maka kesimpulannya adalah model Project Based Learning efektif terhadap hasil belajar siswa.
References
Aliefyan, Retha Rose. 2014. Kefektifan Stategi Project Based Learning Berbantu Modul Pada Hasil Belajar Kimia Siswa.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2): 1360-1369.
Amanda, N. W. Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-11.
Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Andana, Edi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Tegallalang.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 1-9.
Andari, Ni Made Nepri. 2016. Penerapan Model Project Based Learning Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 20 Dangin Puri.E- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-12.
Anitah, Sri. 2012. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, Santi. 2017. Efektivitas Model Project Based Learning Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Energi Gerak Di Kelas III SDN 2 Banda Aceh.Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jagantara, Wirasana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap hasil belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-11.
Kadir, Abd dan Hanun Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kamayani, Diah. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng.Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.
Khoiri, Nur. 2016. Efektifitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015.Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1): 19-24.
---------------. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2): 142-146.
Kusuma, Santi Fajarwati. 2017. Pengaruh Project Based Learning Berbantu Multimedia Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMA.Jurnal Pendidikan, 2(3): 315- 321.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Masykur, Rubhan. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash.Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2): 177-186.
Nursit, Isbadar. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point (Macro-Enabled) Pada Mata Kuliah Geometri Euclid Dalam Pembalajaran Matematika. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 4(1): 41-49.
Nyoman, Ni Parwati. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22. Tentang Standar Proses. 2016.
PISA 2015. PISA 2015 Result in Fokus: OECD Better Policies For Better Lives.
Purwandari, Novita. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Srandakan.Jurnal PGSD UNY.
Saputra, dkk. 2018. SUPLEMEN Pengembangan Pendidikan IPA SD. Semarang: Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang.
---------. 2015. Dasar-dasar Pendidikan IPA SD. Semarang: Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang.
Sudjana. 2005.Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaeman, Maman. Aplikasi Project Based Learning (PBL) Untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Depok: Bioma Publishing.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widi, Asih Wisudawati. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Wilis, Ratna Dahan. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)