KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ADDIE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24774Keywords:
ADDIE, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika yang dicapai siswa belum maksimal berdasarkan data yang didapat 80% siswa kelas V masih mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu 71, selain itu berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V mengatakan kurangnya minat siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran ADDIE efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sidorejo 02? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran ADDIE efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sidorejo 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Banyubiru 01 Kabupaten Semarang 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 50 siswa yang terdiri dari siswa kelas VA berjumlah 25 siswa dan siswa kelas VB berjumlah 25 dengan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas dengan Ltabel= 0,173, diperoleh normalitas akhir dengan L0=0,1596. Karena Lo < Ltabel maka hasil H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya perhitungan uji t hasil belajar thitung lebih besar dari ttabel (2,957> 1,675) maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan nilai hasil belajar lebih baik antara sebelum (pretest) dan sesudah (post-test) yang menggunakan model pembelajaran ADDIE. Jadi model pembelajaran ADDIE efektif terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri Sidorejo 02. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah model pembelajaran ADDIE dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru perlu menerapkan model pembelajaran ADDIE dengan baik agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar.
References
Anitah, W. Sri. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Laian, Edita. 2011. Penerapan Model Pembelajaran ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN Madyopuro 3 Kota Malang.
Skripsi.(Http://KaryaIlmiah.Um.Ac.Id/Index.Php/Ksdp/Article/View/1354). Diunduh tanggal 5 Mei 2019.
Muhsetyo, Gatot. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurtyaningsari, Avis. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Addie Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN Pendem 02 Kecamatan Junrejo Kota Batu. Skripsi. (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&ved=0CFAQFjAD&url=http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/12329&ei=f1nSUPqSD5HOrQep54CoDQ&usg=AFQjCNE5moAUcR5WAVmlK6JJ_IecQ2tOkQ&sig2=RU05Ekzg_ZgpCbyiD-_UBQ&bvm=bv.1355534169,d.bmk). Diunduh tanggal 5 Mei 2019
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2009. Prinsip Desain Pembelajaran. Semarang: Prenada Media Group
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakara: PT. Dian Rakyat.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.
Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Suprijono.Agus, 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)