Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Datar

Authors

  • Ni Luh Putu Dina Arini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32357

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar cenderung menggunakan media serta model pembelajaran yang memaksa peserta didik untuk banyak mengahapalkan rumus dan angka, sehingga menyebabkan peserta didik lebih mudah jenuh serta malas untuk belajar matematika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan pada pembelajaran saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dalam proses pengembangan aplikasi pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara. Sehingga teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskirptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji coba produk, aplikasi pembelajaran dinyatakan layak oleh subjek uji ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa. Hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase (90,90%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase (92,85%) dengan kualifikasi sangat baik hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase (86,36%) dengan kualifikasi baik dan hasil penilaian siswa memperoleh persentase (93,33%) dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba produk disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kualifikasi sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Ni Luh Putu Dina Arini, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. . G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, June, 72. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796.

Aprelia Dea Ayu, Sunan Baedowi, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkanketerampilan Menu;Lis Narasi, 7(3), 237–244.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529.

Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781.

Ilmawan Mustaqim, N. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454.

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345.

Kusmayadi, Suyitno, I., & M. (2017). Pengembangan multimedia cerita rakyat sebagai penumbuhan karakter siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 902–909.

Lestari, K. S., Dantes, N., & -, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Gugus I Kecamatan Buleleng. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2686.

MAHARDANI, P., & RACHMADYANTI, P. (2018). Pengembangan Media Gentara Berbasis Android Pada Pembelajaran Ips Materi Masa Kolonial Bangsa Barat Di Indonesia Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 1–10.

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336.

McCrudden, M. T., & Rapp, D. N. (2017). How Visual Displays Affect Cognitive Processing. Educational Psychology Review, 29(3), 623–639. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9342-2.

Muhtarom. (2017). Penerapan Media Audio Visual Macromedia Flash Dan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Widyagogik, Vol 4(No 2), 145–154.

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854.

Savitri, D., Abdul Karim, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113–121. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364.

Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Sukartiningsih, W. (2010). Konstruksi Semantis Kata Pada Perkembangan Bahasa. Bahasa & Seni, 38(2), 9–10.

Sundari, S., & Wahyuningsih, D. (2015). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Parittiga Berbasis Android. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 4(1), 56. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. 2(1), 43–48.

Syahputri, N. (2018). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS 1 MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI Nita. JSIK (Jurnal Sistem Informasi Kaputama), 2(1), 89–95.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metodelogi Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Unaenah, E., Setyadi, arif rahman, Sari, putri widiya, Abida, syifa fauziah el, Agustina, N., Fauziah, S., & Leonardho, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran Waktu, Panjang Dan Berat Untuk Sekolah Dasar. Edukasi Dan Sains, 2(1), 192–201.

Wahyuningsih, A. (2011). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 102–110.

Widiansyah, A., Sitasi, C., Widiansyah, :, Peranan, ), Daya, S., Sebagai, P., & Penentu, F. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234.

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Arini, N. L. P. D., & Agustika, G. N. S. (2021). Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 50–59. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32357

Issue

Section

Articles