PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN CIRCULAR CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24780Keywords:
Cooperative Integrated Reading and Composition, Circular Card, keterampilan menulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Circular Card terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas IV SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 188 Siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas IV SD No 2 Kapal sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD No 4 Kapal sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data keterampilan menulis siswa dikumpulkan dengan tes uraian. Hasil keterampilan dianalisis dengan uji-t polled varians. Rata-rata gain skor ternormalisasi keterampilan menulis siswa kelas eksperimen = 0,348 dan kelas kontrol = 0,173. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung > ttabel (8,897>2,001) pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan ( dk=31+30-2=59) sehingga maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compisition berbantuan Circular Card dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Circular Card berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Statistik Dasar untuk Pendidikan.Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kurniasih dan Berlin. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru: Kata Pena.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Cooperative Learning: theory, research and practice. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sudaryono.2017.Metodologi Penelitian.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono.2017.Metode penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)