PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN CIRCULAR CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS

Authors

  • Ni Putu Regina Eliantari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • MG. Rini Kristiantari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24780

Keywords:

Cooperative Integrated Reading and Composition, Circular Card, keterampilan menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Circular Card terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas IV SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 188 Siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas IV SD No 2 Kapal sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD No 4 Kapal sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data keterampilan menulis siswa dikumpulkan dengan tes uraian. Hasil keterampilan dianalisis dengan uji-t polled varians.  Rata-rata gain skor ternormalisasi keterampilan menulis siswa kelas eksperimen = 0,348 dan kelas kontrol = 0,173. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung > ttabel (8,897>2,001)  pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan ( dk=31+30-2=59) sehingga maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compisition berbantuan  Circular Card dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Circular Card berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019.

 

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Statistik Dasar untuk Pendidikan.Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniasih dan Berlin. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru: Kata Pena.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Cooperative Learning: theory, research and practice. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sudaryono.2017.Metodologi Penelitian.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.2017.Metode penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Downloads

Published

2020-05-25

How to Cite

Eliantari, N. P. R., Kristiantari, M. R., & Sujana, I. W. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN CIRCULAR CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24780

Issue

Section

Articles