Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27384Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Mind Mapping dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Experiment (eksperimen semu). Bentuk rancangan yang di gunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Seluruh siswa kelas V SDN Gugus Kapten Japa terdiri dari 13 kelas dengan total sebanyak 456 orang menjadi populasi. Kelas VA SD Negeri 17 dauh Puri sebanyak 40 orang siswa dan kelas V SD Negeri 4 Dauh Puri sebanyak 35 orang siswa terpilih sebagai sampel. Setelah semua populasi dinyatakan setara melalui uji beda mean (t-test), maka pengambilan sampel dengan cara pengundian secara acak bisa dilakukan. Dalam proses pengumpulan data, pemilihan metode tes digunakan sebagai instrument yang berbentuk tes pilihan ganda dengan jumlah soal valid sebanyak 40 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini dengan teknik analisis inferensial. Perolehan yang didapat melalui uji beda mean (t-test) yakni thitung = 8.08. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 40 + 35 – 2 = 73 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 1,99, karena thitung > ttabel (8.08 > 1,99) maka Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Mind Mapping dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SDN Gugus Kapten Japa.
References
Buzan (2012). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Daryanto,(2016).Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum. Yogyakarta: Penerbit gava Media
Hanson, David M. 2006. “ Instruction’s Guided to Process Oriented Guided Inquiry Learning”. Pacific Crest. (Online), (:http://POGIL.org/uploads/media_it ems/POGIL-instructor-sguide1.orogo nal.pdf, diakses pada tanggal 20 Januari 2017).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yuliani, Ni Putu, dkk. 2017. “Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD ,Vol. 4, No. 2. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id /index.php/JET /article/view/11773. (diakses tanggal 22/10/2019)
Yudiari, dkk. 2015.” Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di gugus II Kecamatan Mendoyo”. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume: 3 No: 1. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5683/4137. (diakses tanggal 20/05/2020)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)