Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • era evangelisa universitas pendidikan ganesha
  • I G A Agung Sri Asri universitas pendidikan ganesha
  • I Wayan Sujana universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Mind Mapping dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Experiment (eksperimen semu). Bentuk rancangan yang di gunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Seluruh siswa kelas V SDN Gugus Kapten Japa terdiri dari 13 kelas dengan total sebanyak 456 orang menjadi populasi. Kelas VA SD Negeri 17 dauh Puri sebanyak 40 orang siswa dan kelas V SD Negeri 4 Dauh Puri sebanyak 35 orang siswa terpilih sebagai sampel. Setelah semua populasi dinyatakan setara melalui uji beda mean (t-test), maka pengambilan sampel dengan cara pengundian secara acak bisa dilakukan. Dalam proses pengumpulan data, pemilihan metode tes digunakan sebagai instrument yang berbentuk tes pilihan ganda dengan jumlah soal valid sebanyak 40 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini dengan teknik analisis inferensial.  Perolehan yang didapat melalui uji beda mean (t-test) yakni thitung = 8.08. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 40 + 35 – 2 = 73 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 1,99, karena thitung > ttabel   (8.08 > 1,99) maka Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Mind Mapping dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SDN Gugus Kapten Japa.

Author Biographies

I G A Agung Sri Asri, universitas pendidikan ganesha

PGSD

I Wayan Sujana, universitas pendidikan ganesha

PGSD

References

Buzan (2012). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Daryanto,(2016).Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum. Yogyakarta: Penerbit gava Media

Hanson, David M. 2006. “ Instruction’s Guided to Process Oriented Guided Inquiry Learning”. Pacific Crest. (Online), (:http://POGIL.org/uploads/media_it ems/POGIL-instructor-sguide1.orogo nal.pdf, diakses pada tanggal 20 Januari 2017).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yuliani, Ni Putu, dkk. 2017. “Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD ,Vol. 4, No. 2. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id /index.php/JET /article/view/11773. (diakses tanggal 22/10/2019)

Yudiari, dkk. 2015.” Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di gugus II Kecamatan Mendoyo”. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume: 3 No: 1. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5683/4137. (diakses tanggal 20/05/2020)

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

evangelisa, era, Sri Asri, I. G. A. A., & Sujana, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 270–277. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27384

Issue

Section

Articles