PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PEGETAHUAN IPA

Authors

  • Maria Petronela Eka Lengari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032

Keywords:

group investigation, flash card, kompetensi pengetahuan IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation berbantuan media flash card dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian Eksperimen semu dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Gugus I Kuta Utara yang terdiri dari 523 orang. Sampel penelitiannya adalah Kelas VB SD No. 4 Dalung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 orang siswa dan Kelas VA SD No. 5 Dalung sebagai kelompok kontrol sebanyak 33 orang siswa yang diperoleh melalui teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dengan tes pilihan ganda biasa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu, 79,90 dan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok kontrol yaitu, 69,85. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung yaitu 5,003 thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 61 diperoleh ttabel =2,000. Berdasarkan kriteria pengujian, diperoleh thitung > ttabel, maka Hditolak dan Ha diterima. Berarti terdapat perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation berbantuan media flash card dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Dapat disimpulkan, model pembelajaran Group Investigation berbantuan media flash card berpengaruh terhadap kompetensi pengatahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kuta Utara.

 


References

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agung, A.A Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Agung, A.A Gede. 2015. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aqib, Zainal dan Ali Murtadio. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dantes. 2012. Metode Penelitian.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. 2012. BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Eektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Hayatun, Abdi dan Harun. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan menggunakan Media Pembelajaran Flash Card dan Flipchart untuk meningkatkan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Aceh: Unsyiah. Tersedia pada http://www.jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/view/5188 (diakses tanggal 28 November 2018)

Intarini, Ni Made Wila. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation berbantuan Multimedia terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus I Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Bali: Undiksha.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrma Widya

Koyan. I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Katapena.

Mudadi,Yudhi. 2013. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Parwati, Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta:Kencana Prenada Group

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Suandi, Nengah, dkk. 2016. Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suardi dan Syofrianisda. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryanto, Adi. 2014. Materi Pokok Evaluasi Pembelajaran di SD. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Susanto, Pudyo. 2018. Belajar Tuntas. Jakarta: Bumi Aksara.

Susilana, Rudi dan Riyana Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Alfabeta.

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Bagaimana menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alabeta.

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Eka Lengari, M. P., & Agustika, G. N. S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PEGETAHUAN IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 65–74. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032

Issue

Section

Articles