PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PEGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032Keywords:
group investigation, flash card, kompetensi pengetahuan IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation berbantuan media flash card dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian Eksperimen semu dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Gugus I Kuta Utara yang terdiri dari 523 orang. Sampel penelitiannya adalah Kelas VB SD No. 4 Dalung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 orang siswa dan Kelas VA SD No. 5 Dalung sebagai kelompok kontrol sebanyak 33 orang siswa yang diperoleh melalui teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dengan tes pilihan ganda biasa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu, 79,90 dan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok kontrol yaitu, 69,85. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung yaitu 5,003 thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 61 diperoleh ttabel =2,000. Berdasarkan kriteria pengujian, diperoleh thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti terdapat perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation berbantuan media flash card dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Dapat disimpulkan, model pembelajaran Group Investigation berbantuan media flash card berpengaruh terhadap kompetensi pengatahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kuta Utara.
References
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agung, A.A Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Agung, A.A Gede. 2015. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Aqib, Zainal dan Ali Murtadio. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dantes. 2012. Metode Penelitian.Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. 2012. BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Eektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara
Hayatun, Abdi dan Harun. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan menggunakan Media Pembelajaran Flash Card dan Flipchart untuk meningkatkan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Aceh: Unsyiah. Tersedia pada http://www.jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/view/5188 (diakses tanggal 28 November 2018)
Intarini, Ni Made Wila. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation berbantuan Multimedia terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus I Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Bali: Undiksha.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrma Widya
Koyan. I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Katapena.
Mudadi,Yudhi. 2013. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.
Parwati, Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:Indeks.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta:Kencana Prenada Group
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Suandi, Nengah, dkk. 2016. Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suardi dan Syofrianisda. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryanto, Adi. 2014. Materi Pokok Evaluasi Pembelajaran di SD. Tanggerang: Universitas Terbuka.
Susanto, Pudyo. 2018. Belajar Tuntas. Jakarta: Bumi Aksara.
Susilana, Rudi dan Riyana Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Alfabeta.
Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Bagaimana menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)