Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Puput Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27415

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV di SD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbantuan Peta Konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa yang berjumlah 481siswa. Jumlah SD di Gugus Kapten Japa adalah 6 sekolah dengan jumlah kelas sebanyak 12 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik classster random sampling dengan pengacakan kelas yang telah ada kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Sehingga diperoleh kelas IVB SDN 17 Dauh Puri sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 4 Dauh Puri sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS siswa dihimpun melalui tes pilihan ganda biasa. Rata-rata Gain skor ternormalisasikan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen yaitu 0.446 lebih dari rata-rata kelas IV kelompok control dengan rata-rata 0.34 .Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji-t rumus dengan polled varians.Diperoleh nilai = 10.18 dan untuk taraf signifikansi 5% dengan dk=(48+44-2)=90 diperoleh = 1.99 . dengan kriteria >  sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak Ha diterimaHal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Predict Observe Explain berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa tahun ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa tahun ajaran 2019/2020.

 

Kata-kata kunci: Predict Observe Explain, Kompetensi Pengetahuan IPS, Peta Konsep

Author Biographies

Puput Kusuma Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ida Bagus Gede Surya Abadi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Dewi, P. K., Abadi, I. B. G. S., & Suniasih, N. W. (2020). Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 379–387. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27415

Issue

Section

Articles