Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27415Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV di SD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbantuan Peta Konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa yang berjumlah 481siswa. Jumlah SD di Gugus Kapten Japa adalah 6 sekolah dengan jumlah kelas sebanyak 12 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik classster random sampling dengan pengacakan kelas yang telah ada kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Sehingga diperoleh kelas IVB SDN 17 Dauh Puri sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 4 Dauh Puri sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS siswa dihimpun melalui tes pilihan ganda biasa. Rata-rata Gain skor ternormalisasikan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen yaitu 0.446 lebih dari rata-rata kelas IV kelompok control dengan rata-rata 0.34 .Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji-t rumus dengan polled varians.Diperoleh nilai = 10.18 dan untuk taraf signifikansi 5% dengan dk=(48+44-2)=90 diperoleh = 1.99 . dengan kriteria > sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak Ha diterimaHal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Predict Observe Explain berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa tahun ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa tahun ajaran 2019/2020.
Kata-kata kunci: Predict Observe Explain, Kompetensi Pengetahuan IPS, Peta Konsep
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)