E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem

Authors

  • Melinina Putri Costadena Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848

Keywords:

discovery learning, E-LKPD, Interaktif, IPA

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam penggunaan bahan ajar belum sepenuhnya optimal pada proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar berupa E-LKPD interaktif berbasis discovery learning pada muatan IPA materi ekosistem kelas V SD. Penelitian pengembangan E-LKPD ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Subjek uji coba terdiri dari 1 ahli materi,1 ahli desain, 1 ahli media, uji coba perorangan 3 orang peserta didik, dan uji coba kelompok kecil 9 orang peserta didik Data tersebut dianalis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian review materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,6%, hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%, hasil review ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%., uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 95%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,31%. Persentase skor keseluruhan diperoleh dengan kualifikasi sangat baik sehingga E-LKPD interaktif berbasis discovery learning materi ekosistem layak digunakan untuk siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam pembelajaran daring untuk menjelaskan materi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan memahami materi khususnya materi ekosistem.

Author Biographies

Melinina Putri Costadena, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agung, A. . G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.

Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru Pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Lambung Mangkurat University Press.

Asih, D. A. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331

Astuti, P. H. M., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 271. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18331. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18331

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendeka­tan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan Ph Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485. DOI: https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485

Dazrullisa, & Hadi, K. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. Bina Gogik, 5(2), 50–62. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/209.

Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 5(5), 3712 – 3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Gani, R. A., Anwar, W. S., & Aditiya, S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 54–59. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v4i1.3192. DOI: https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3192

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Harahap, S. A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447. DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447

Hazimah, N., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 1–8. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2693.

Hazlita, S. (2021). Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan dengan Menggunakan Instagram dan Liveworksheets pada Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1142–1150. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.

Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847. DOI: https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847

Izzah, N., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Project based Learning dalam Variasi Bahan Ajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/SMK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 159–165. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970

Juliawati, D., Yandri, H., & Afrifadela, N. (2020). Self Control Belajar Siswa di Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Tarbawi, 16(1). https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.557. DOI: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.557

Kesumawati, N., Kuswidyanarko, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Matematika Berbasis. Research & Learning in Primary Education Pengembangan, 2, 53–69. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2829

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Anggota IKAPI.

Masdariah, B, N., & Rachmawaty. (2018). Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar , Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 551–556. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/7061.

Mega Patricia, E., Putu Nyeneng, I. D., & Wahyudi, I. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201806. DOI: https://doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201806

Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355

Mubarak, Z. (2018). Blended Learning, Solusi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional “Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Di Era Disruptif Dan Revolusi Industri 4.0,” 2(10), 565–567. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35792.

Nila, N., Abdiyah, L., & Prasojo, A. D. (2021). Analisis Problematika Guru dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Tematik di SD/MI. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 210 – 219. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1394. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1394

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Nurmalena, D. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPS Kelas VI SDN Bumi Dana Kecamatan Way Tuba. Jurnal Pedagogi, 2(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13328.

Parno. (2015). Effect of Guided Discovery learning model in mastering of Force and Motion subject. Indosesian Journal of Applied Physics, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.13057/ijap.v5i02.276. DOI: https://doi.org/10.13057/ijap.v5i02.276

Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813

Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan LLPD Elektronik Pembelajaran Tematik berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112–118. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [ The Effectiveness Of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City ]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811

Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.

Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Pada Materi Gerak Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146

Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/46561.

Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4(2), 67–74. https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054. DOI: https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054

Suarni. (2017). Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas Iv Sd Negeri 064988 Medan Johor. Journal of Physics and Science Learning, 01(2), 129–140. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/347.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ), 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233

Suttrisno, & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, M. D. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis High Order Thingking Skills ( HOTS ) pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 381–389. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138

Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia. V(1), 135–138. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.

Wiguna, M. C. (2018). Pengembangan LKPD IPA berbasis keterampilan proses untuk meningkatkan sikap ilmiah dan minat siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 176 – 183. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12441.

Winarti, W. T., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 47. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348

Wulandari, R., & Novita, D. (2018). engembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Pada Materi Asam Basa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. In Unesa Journal of Chemical Education (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.26740/ujced.v7n2.p%25p.

Wyness, L., & Dalton, F. (2018). The value of problem-based learning in learning for sustainability: Undergraduate accounting student perspectives. Journal of Accounting Education, 45(August 2017), 1–19. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001

Zulmi, F. A., Akhlis, I., Fisika, J., Matematika, F., Alam, P., & Semarang, U. N. (2020). Pengembangan LKPD berekstensi EPUB berbasis Discovery Learning untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 209–216. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41373.

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848

Issue

Section

Articles