E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848Keywords:
discovery learning, E-LKPD, Interaktif, IPAAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam penggunaan bahan ajar belum sepenuhnya optimal pada proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar berupa E-LKPD interaktif berbasis discovery learning pada muatan IPA materi ekosistem kelas V SD. Penelitian pengembangan E-LKPD ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Subjek uji coba terdiri dari 1 ahli materi,1 ahli desain, 1 ahli media, uji coba perorangan 3 orang peserta didik, dan uji coba kelompok kecil 9 orang peserta didik Data tersebut dianalis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian review materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,6%, hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%, hasil review ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%., uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 95%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,31%. Persentase skor keseluruhan diperoleh dengan kualifikasi sangat baik sehingga E-LKPD interaktif berbasis discovery learning materi ekosistem layak digunakan untuk siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam pembelajaran daring untuk menjelaskan materi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan memahami materi khususnya materi ekosistem.
References
Agung, A. . G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.
Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru Pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Lambung Mangkurat University Press.
Asih, D. A. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331
Astuti, P. H. M., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 271. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18331. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18331
Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.
Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan Ph Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485. DOI: https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485
Dazrullisa, & Hadi, K. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. Bina Gogik, 5(2), 50–62. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/209.
Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350
Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 5(5), 3712 – 3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Gani, R. A., Anwar, W. S., & Aditiya, S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 54–59. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v4i1.3192. DOI: https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3192
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Harahap, S. A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447. DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447
Hazimah, N., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 1–8. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2693.
Hazlita, S. (2021). Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan dengan Menggunakan Instagram dan Liveworksheets pada Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1142–1150. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847. DOI: https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847
Izzah, N., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Project based Learning dalam Variasi Bahan Ajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/SMK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 159–165. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970
Juliawati, D., Yandri, H., & Afrifadela, N. (2020). Self Control Belajar Siswa di Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Tarbawi, 16(1). https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.557. DOI: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.557
Kesumawati, N., Kuswidyanarko, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Matematika Berbasis. Research & Learning in Primary Education Pengembangan, 2, 53–69. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2829
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Anggota IKAPI.
Masdariah, B, N., & Rachmawaty. (2018). Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar , Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 551–556. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/7061.
Mega Patricia, E., Putu Nyeneng, I. D., & Wahyudi, I. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201806. DOI: https://doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201806
Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355
Mubarak, Z. (2018). Blended Learning, Solusi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional “Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Di Era Disruptif Dan Revolusi Industri 4.0,” 2(10), 565–567. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35792.
Nila, N., Abdiyah, L., & Prasojo, A. D. (2021). Analisis Problematika Guru dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Tematik di SD/MI. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 210 – 219. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1394. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1394
Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058
Nurmalena, D. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPS Kelas VI SDN Bumi Dana Kecamatan Way Tuba. Jurnal Pedagogi, 2(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13328.
Parno. (2015). Effect of Guided Discovery learning model in mastering of Force and Motion subject. Indosesian Journal of Applied Physics, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.13057/ijap.v5i02.276. DOI: https://doi.org/10.13057/ijap.v5i02.276
Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813
Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan LLPD Elektronik Pembelajaran Tematik berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112–118. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284
Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [ The Effectiveness Of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City ]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811
Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.
Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Pada Materi Gerak Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146
Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/46561.
Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4(2), 67–74. https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054. DOI: https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054
Suarni. (2017). Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas Iv Sd Negeri 064988 Medan Johor. Journal of Physics and Science Learning, 01(2), 129–140. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/347.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ), 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233
Suttrisno, & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, M. D. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis High Order Thingking Skills ( HOTS ) pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 381–389. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138
Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia. V(1), 135–138. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.
Wiguna, M. C. (2018). Pengembangan LKPD IPA berbasis keterampilan proses untuk meningkatkan sikap ilmiah dan minat siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 176 – 183. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12441.
Winarti, W. T., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 47. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348
Wulandari, R., & Novita, D. (2018). engembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Pada Materi Asam Basa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. In Unesa Journal of Chemical Education (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.26740/ujced.v7n2.p%25p.
Wyness, L., & Dalton, F. (2018). The value of problem-based learning in learning for sustainability: Undergraduate accounting student perspectives. Journal of Accounting Education, 45(August 2017), 1–19. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001
Zulmi, F. A., Akhlis, I., Fisika, J., Matematika, F., Alam, P., & Semarang, U. N. (2020). Pengembangan LKPD berekstensi EPUB berbasis Discovery Learning untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 209–216. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41373.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Melinina Putri Costadena, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)