Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44596Keywords:
Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil BelajarAbstract
Rendahnya pencapaian nilai ketuntasan siswa tersebut diduga disebabkan beberapa hal, yaitu kurangnya minat belajar siswa, terutama minat untuk membaca materi, kurangnya motivasi belajar siswa, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang memotivasi siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 40 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data penelitian ini, pada siklus I rata-rata hasil belajar adalah 72 dengan ketuntasan adalah 72%; dengan kualifikasi belum tuntas. Pada siklus II rata-rata hasil belajar adalah 82 dengan ketuntasan klasikal adalah 97% dengan kualifikasi tuntas. Maka, penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademiknya.
References
Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD, 8(1), 111–122. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547.
Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Apriyanti, C. (2020). The Parents Role in Guiding Distance Learning and the Obstacle During Covid-19 Outbreak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(2), 68–83. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/9075. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.68-83
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Azizah, A. A. M., & Mashar, A. (2021). Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(1), 54–64. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i2.3329. DOI: https://doi.org/10.22515/jenius.v1i2.3329
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789
Fahrullisa, R., Putra, F., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213
Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310–318. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
Juhji. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58–70. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419
Koloay, C. C. J. (2017). Implementasi Model Kooperatif Tps Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(3), 98–109. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629
Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016
Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkanscientificliteracy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830
Nur, F., Latuconsinah, N. K., Abrar, A. I. P., Tayeb, T., & Syamsuarni, I. (2018). Mathematical Learning Outcome Differences Through The Implementation Of Cooperative Learning Model Of Think Pair Share Type, Two Stay Two Stray Type, And Number Head Together Type. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 199 – 206. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a6. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a6
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385
Santra, P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 1(4), 307–315. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962
Septiningtyas, R. P., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Dionasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Pada Tema 9 Siswa Kelas IV SD N Solowire. Jurnal Basicedu, 3(2), 414 – 421. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.20. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.20
Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 462–470. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783
Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 852–859. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/vi. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13670
Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.
Triwulandari, D., Wati, M., & M., A. S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Tipe Pair Checks Pada SMP Negeri 9 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 99 – 108. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2816. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2816
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768
Zani, R., Safitri, R., & Adlim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622
Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Implementasinya dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1), 42–60. https://doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)