PENERAPAN PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DAPAT MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF

Authors

  • Ni Nyoman Parwati
  • Desak Putu Parmiti
  • I Nyoman Jampel

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1041

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, peningkatan kemampuan kognitif anak didik setelah penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu angka bergambar kelompok B semester II tahun pelajaran 2012/2013 TK Widya Brata Mengwi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 orang Anak TK ada Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Data penelitian tentang perkembangan kognitif dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis menunjukan rata-rata persentase perkembangan kognitif anak kelompok B semester II di TK Widya Brata Mengwi pada siklus I sebesar 53,00% berada pada kategori sangat rendah dan rata-rata persentase perkembangan kognitif anak kelompok B semester II di TK Widya Brata Mengwi pada siklus II 93,00% berada pada kategori sangat tinggi ini menunjukan adanya peningkatan rata-rata persentase perkembangan kognitif anak dari siklus I ke siklus II sebesar 40% dan berada pada kategori aktif.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Parwati, N. N., Parmiti, D. P., & Jampel, I. N. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DAPAT MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1041

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>