Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft

Authors

  • Mirawati Dina Lestariningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944

Keywords:

Media Wayang, Kemampuan, Kosa Kata

Abstract

Rendahnya kosakata pada anak usia dini, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media wayang papercraft unuk meningkatkan kemampuan kosakata pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini berjumlah 4 orang ahli. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan anget. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi pembelajaran terhadap media yang dikembangkan dalam kategori valid dan ahli media pembelajaran juga mendapatkan kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa media wayang papercraft yang telah dikembangkan layak dan dapat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru sebagai fasilitas belajar siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan kosakata pada siswa usia dini.

Author Biography

Mirawati Dina Lestariningsih, Universitas Pendidikan Ganesha

PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

References

Ahmadi, C., Rini, E. S., & Wiratama, I. W. A. (2016). Media Pembelajaran Pengenalan Rupa Dan Karakter Tokoh Wayang Purwa Berbasis Android. Jurnal Eksplora Informatika, 4(2). Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/66.

Akbar, A. (2015). Pemerolehan Morfem Afiks Bahasa Indonesia Anak Usia 2-6 Tahun Di Paud Buana Desa Banyu Urip Kabupaten Lombok Tengah. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jr.1.2.32.250-257.

Alexander Nawangseto Mahendrapati. (2020). Visualisasi Doa Jalan Salib Mengadopsi Gaya Wayang Beber Dengan Teknik Seni Grafis Cukil Kayu. Brikolase, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33153/brikolase.v11i2.2931.

Andriyani, R., Masrul, M., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Becerita terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. AULAD, 1(1). Retrieved from http://aulad.org/index.php/aulad/article/view/3.

Antara, & Aditya, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.

Arifiyanti, N., & Ananda, K. (2018). Produksi Kosakata Anak Melalui Electronic Wordless Picture Storybook. RETORIKA, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6405.

Ayuswantana, A. C., Sachari, A., & Irfansyah, I. (2020). Pengaruh Nilai Islam pada Visual Pakaian Dewa dan Resi Boneka Wayang Jekdong Jawa Timur. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.2852.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi Iteman dan Bigsteps. Singaraja: Undiksha.

Carlucy, Suadnyana, & Negara. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416.

Dames, I., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 1 Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.59.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.

Darmayasa, I. W. G. S., Suara, I. M., & Manuaba, I. B. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Strayberbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PKn. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.922.

Devi, & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–16. Retrieved from http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/985.

Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah UNY, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak- Kanak Pembina Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.55.

Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102.

Khadijah, K., Arlina, A., Hardianti, R. W., & Maisarah, M. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054.

Koesoemadinata, M. I. P. (2018). Visual Adaptation Of Wayang Characters In Teguh Santosa’s Comic Art. MUDRA: Jurnal Seni Budaya, 33(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31091/mudra.v33i3.544.

Kriswantoro, A. (2013). Pertunjukan Boneka Multi Dimensi ”Sumpah Pralaya”. Resital Jurnal Seni Pertunjukan, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24821/resital.v13i2.521.

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178.

Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/24230/12062.

Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532.

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508.

Nababan, R. S., Guntur, Mulyana, A. R., & Dharsono. (2016). Esensi Dan Nilai Seni Poster Pagelaran Wayang Kulit Karya Gestisutis. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33153/glr.v14i1.1745.

Nuswowati, M., Susilaningsih, E., Ramlawati, & Kadarwati, S. (2017). Implementation of problem-based learning with green chemistry vision to improve creative thinking skill and students’ creative actions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 221–228. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9467.

Pebri, Tegeh, & Rahayu. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di TK Widya Sesana Sangsit 2016/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v5i1.11557.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

Prakarsi, E., Karsono, K., & Dewi, N. K. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendikiawan, 8(2).

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf.

Putra, A. T., Handarini, D. M., & Ramli, M. (2019). Media Wayang Golek untuk Menumbuhkan Kesadaran Menyelesaikan Konflik secara Konstruktif bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13006.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.

Putri, L. A. D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438.

Qondias, Anu, & Niftalia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176--182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590.

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.

Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676.

Ratna, A., Natajaya, I. N., & Dantes, K. R. (2019). Determinasi Servant Leadership, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru Di SMAN 1 Gianyar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2798.

Rosalina, A., Widyasari, Y., Ismi, M., & Hapsari. (2010). Peranan Orangtua Dalam Dongeng Sebelum Tidur Untuk Optimalisasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini. PSYCHO IDEA, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.236.

Rosnihayati. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 306–313. Retrieved from https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/4110/3984.

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019a). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256.

Ruiyat, Yufiarti, & Karnadi. (2019b). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi: Urnal Pendidikan Anak Usia Dini DOI, 3(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256.

Salamah, E. R. (2017). Penggunaan Media Wayang Pada Pembelajaran Ips Materi Tokoh Tokoh Kemerdekaan Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK, 12(2).

Setyawati, Permanasari, & Yuniarti. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2503.

Solihati, S. (2015). Efektifitas Media Panggung Boneka untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Anak Usia Dini. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.2345/modeling.v2i2.2176.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160.

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(5). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.

Suprihatin, E. W., & Pratamawati, D. (2019). Conservation Strategy in Preserving The Local Image Existence of Wayang Topeng. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmonia.v19i2.24005.

Susiani, P. E., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2013). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak Kelompok B TK Satya Kumara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1138.

Suswandari, M. (2019). Penerapan Model Induktif Berbantuan Media Wayang Suket pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3559255.

Suwatra, Magta, & Christiani. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 185–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257.

Swastrini, Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Trisnanti, I. A. N. L., Tirtayani, L. A., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Media Flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Permulaan Anak Kelompok B TK Gugus Mawa. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 346. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v6i1.15200.

Triutami, I. G. A. A. D., Sudhita, I. W. R., & Tegeh, I. M. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v2i1.3239.

Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah, F. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12553.

Yuliani, Antara, & Magta. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Undiksha, 5(1), 96–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v5i1.11309.

Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336.

Zeptyani, & Wiarta. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740.

Downloads

Published

2021-07-08

How to Cite

Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71–79. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)