Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini

Authors

  • Feny Aries Diana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117

Keywords:

Kelincahan Tubuh Anak, Instrumen Penilaian

Abstract

Kurangnya perhatian terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini, yang disebabkan oleh kurang tepatnya metode dan alat penilaian yang digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam pembelajaran dan kurang kreatifnya guru dalam mengemas pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian untuk meningkatkan kelincahan tubuh pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan Research and Development yang dilaksanakan menggunakan model RDR. Subjek penelitian yang digunakan terdiri atas dua orang pakar ahli, instrumen penilaian kelincahan tubuh anak yang terdiri dari kisi-kisi dan lembar kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 16 butir. Metode pengumpulan data dilakukan melalui uji ahli/pakar kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus Gregory dan Cronbach Alpha untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian ini yaitu hasil penilaian yang dilakukan dilakukan oleh kedua pakar ahli terhadap instrumen yang dikembangkan dalam kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kelincahan tubuh pada anak yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu instrumen penilaian yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alat penilaian yang dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar khususnya kemampuan kelincahan tubuh anak.

References

Afinda, B. N., Sari, R., Aisyah, S., & Wijayanti, I. E. (2019). Cooperative- STAD dengan word square : Dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3, 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773.

Ahmadi, C., Rini, E. S., & Wiratama, I. W. A. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Rupa dan Karakter Tokoh Wayang Purwa Berbasis Android. Jurnal Eksplora Informatika, 4, 197–208. https://doi.org/https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view66.

Aji, B., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan, April 2015, 21–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594Alam.

Antara, P. A. (2019a). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 17–26. https://doi.org/http://doi.org/JIV.1401.8.

Antara, P. A. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 239. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010.

Ariani, K., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A. Jurnal Golden Age, 5(02), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3362.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.

Fadlullah. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 308–320. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah.

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Jam Pintar di Taman kanak-Kanak Pembina Kec. bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.55.

Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742.

Khadijah, Arlina, Hardianti, R. W., & Maisarah. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra , serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054.

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

Lestari, M. E., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2021). Development of Kindergarten Child Stability Instruments. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.30636.

Melendez, C. M., & Tafur, A. A. (2021). Parental Competencies in Mothers of Infants with Disabilities and their Relationship to Adaptive Behavior and Motor Development. International Journal of Early Childhood Special Education, May. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I1.211015.

Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal of Education and Riview, 3(2), 12–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823.

Novitasari, Reni. Nasirun, M. D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B PAUD AL-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12.

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20. https://doi.org/https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/872.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.

Ramadhani, C., & Zulminiati. (2021). Efektivitas Permainan Big Maze Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak An-Nur. Jurnal Pertumbuhan Dan Pekembangan Anak Usia Dini, 18(229), 90–95. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33955.

Ratna, A., Natajaya, I. N., & Dantes, K. R. (2019). Determinasi Servant Leadership , Karakteristik Individu , Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru Di Sman 1 Gianyar. Jurnal Dministrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2798.

Ruqoyyah, F., & Meidita, L. I. (2021). Permainan Karpet Engkle : Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. 5(2), 1187–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754.

S., Japar, M., & Asnur, M. N. A. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 59. https://doi.org/10.33506/jq.v8i1.389.

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Jurnal Evaluasi, 2(October). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79.

Setyawati, Permanasari, & Yuniarti. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 2(1). http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2503.

Sukoyo, J., Kurniati, E., & Utami, E. S. (2021). Engklek Game and Its Benefits for Early Children’s Development. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I1.211003.

Swastrini, Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.

Trisnaningsih, S. I., Wiyasa, I. K. N., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 100–109. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18764.

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berorientasi Programme for International Student Ssessment (PISA) pada Peserta Didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.

Usher, W. (2019). Agility As a Predictor Of Physical Literacy , Activity Levels and Sport Involvement. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1661582.

Uzun, A., & Akbulut, A. (2020). International Journal of Applied Exercise Physiology. International Journal of Applied Exercise Physiology, August. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/343762230.

Wanto, S., Okilanda, A., Arismana, Lanos, M. E. C., Putra, D. D., Lestari, H., Awali, M., & Oktariyana. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model. Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.3023.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95.

Zeptyani, P. A. D., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(June), 69–79.

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 46–54. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.

Downloads

Published

2021-10-09

How to Cite

Diana, F. A., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 423–430. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>