Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117Keywords:
Kelincahan Tubuh Anak, Instrumen PenilaianAbstract
Kurangnya perhatian terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini, yang disebabkan oleh kurang tepatnya metode dan alat penilaian yang digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam pembelajaran dan kurang kreatifnya guru dalam mengemas pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian untuk meningkatkan kelincahan tubuh pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan Research and Development yang dilaksanakan menggunakan model RDR. Subjek penelitian yang digunakan terdiri atas dua orang pakar ahli, instrumen penilaian kelincahan tubuh anak yang terdiri dari kisi-kisi dan lembar kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 16 butir. Metode pengumpulan data dilakukan melalui uji ahli/pakar kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus Gregory dan Cronbach Alpha untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian ini yaitu hasil penilaian yang dilakukan dilakukan oleh kedua pakar ahli terhadap instrumen yang dikembangkan dalam kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kelincahan tubuh pada anak yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu instrumen penilaian yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alat penilaian yang dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar khususnya kemampuan kelincahan tubuh anak.
References
Afinda, B. N., Sari, R., Aisyah, S., & Wijayanti, I. E. (2019). Cooperative- STAD dengan word square : Dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3, 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773.
Ahmadi, C., Rini, E. S., & Wiratama, I. W. A. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Rupa dan Karakter Tokoh Wayang Purwa Berbasis Android. Jurnal Eksplora Informatika, 4, 197–208. https://doi.org/https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view66.
Aji, B., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan, April 2015, 21–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594Alam.
Antara, P. A. (2019a). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 17–26. https://doi.org/http://doi.org/JIV.1401.8.
Antara, P. A. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 239. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010.
Ariani, K., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A. Jurnal Golden Age, 5(02), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3362.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.
Fadlullah. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 308–320. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Jam Pintar di Taman kanak-Kanak Pembina Kec. bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.55.
Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742.
Khadijah, Arlina, Hardianti, R. W., & Maisarah. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra , serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054.
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.
Lestari, M. E., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2021). Development of Kindergarten Child Stability Instruments. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.30636.
Melendez, C. M., & Tafur, A. A. (2021). Parental Competencies in Mothers of Infants with Disabilities and their Relationship to Adaptive Behavior and Motor Development. International Journal of Early Childhood Special Education, May. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I1.211015.
Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal of Education and Riview, 3(2), 12–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823.
Novitasari, Reni. Nasirun, M. D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B PAUD AL-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12.
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20. https://doi.org/https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/872.
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.
Ramadhani, C., & Zulminiati. (2021). Efektivitas Permainan Big Maze Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak An-Nur. Jurnal Pertumbuhan Dan Pekembangan Anak Usia Dini, 18(229), 90–95. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33955.
Ratna, A., Natajaya, I. N., & Dantes, K. R. (2019). Determinasi Servant Leadership , Karakteristik Individu , Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru Di Sman 1 Gianyar. Jurnal Dministrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2798.
Ruqoyyah, F., & Meidita, L. I. (2021). Permainan Karpet Engkle : Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. 5(2), 1187–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754.
S., Japar, M., & Asnur, M. N. A. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 59. https://doi.org/10.33506/jq.v8i1.389.
Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Jurnal Evaluasi, 2(October). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79.
Setyawati, Permanasari, & Yuniarti. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 2(1). http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2503.
Sukoyo, J., Kurniati, E., & Utami, E. S. (2021). Engklek Game and Its Benefits for Early Children’s Development. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I1.211003.
Swastrini, Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.
Trisnaningsih, S. I., Wiyasa, I. K. N., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 100–109. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18764.
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berorientasi Programme for International Student Ssessment (PISA) pada Peserta Didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.
Usher, W. (2019). Agility As a Predictor Of Physical Literacy , Activity Levels and Sport Involvement. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1661582.
Uzun, A., & Akbulut, A. (2020). International Journal of Applied Exercise Physiology. International Journal of Applied Exercise Physiology, August. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/343762230.
Wanto, S., Okilanda, A., Arismana, Lanos, M. E. C., Putra, D. D., Lestari, H., Awali, M., & Oktariyana. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model. Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.3023.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.
Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95.
Zeptyani, P. A. D., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(June), 69–79.
Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 46–54. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)