PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK BHAKTI KUMARA KALISADA

Authors

  • Putu Riasi
  • I Gede Raga
  • I Made Suarjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1087

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan perkembangan motorik halus anak dengan penerapan  metode group investigation dalam kegiatan keterampilan tangan menganyam pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah 20 anak kelompok B TK Bhakti Kumara Kalisada semester II tahun pelajaran 2012/2013.  Data penelitian tentang keterampilan tangan menganyam dikumpulkan dengan metode observasi dan metode wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan perkembangan motorik halus anak setelah diterapkan metode group investigation melalui kegiatan keterampilan tangan menganyam pada siklus I sebesar 64,44% yang berada pada kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,22% yang berada pada kategori tinggi. Ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan perkembangan motorik halus pada anak kelompok B TK Bhakti Kumara Kalisada dari siklus I ke siklus II sebesar 17,78%. Hal ini terjadi karena metode group investigation dapat meningkatkan sikap saling bekerjasama, berinteraksi antar kelompok dan mendorong anak agar aktif dan kreatif dalam proses belajar mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran.

 

Kata Kunci : metode group investigation, keterampilan tangan, motorik halus, pendidikan anak usia dini.

 

Abstract
This study aims to determine the increase in fine motoric inprovement with the application of group investigation method of hand weaving skills in the activities of the children in group B. This research is a classroom action research was conducted in two cycles. Subjects were 20 children in group B Semester II Kindergarten Bhakt Kumara Kalisada academic year 2012/2013. Research data on hand weaving skills were collected by the method of observation and interview methods. Data result of research analysed by using descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis method. Result of data analysis indicate that happened the improvement ability of growth fine motoric child after applied by method of group investigation through activity of skill of hand weave at cycle of I equal to 64,44% residing at natural and low category is improvement of cycle of II equal to 82,22% residing at high kategori. This show the existence of the improvement of ability growth fine motoric at group child of B kindergarten Bhakti Kumara Kalisada of cycle I to cycle of II equal to 17,78%. This matter happened because method of group investigation can improve attitude each other working along to have, interaction between group and push child to be creative and active in course of learning to start from first phase until final phase of study.


Keywords: group investigation method, skills, fine motoric, early childhood education.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Riasi, P., Raga, I. G., & Suarjana, I. M. (2013). PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK BHAKTI KUMARA KALISADA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1087

Issue

Section

Articles