PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA KUSUMA

Ni Made Wahyuni, I Wayan Koyan, I Gde Wawan Sudatha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita setelah penerapan metode bermain peran berbantuan media gambar berseri pada anak kelompok B Semester II tahun pelajaran 2012/2013 di TK Dharma Kusuma Temukus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelompok B Semester II tahun pelajaran 2012/2013 di TK Dharma Kusuma Temukus. Data penelitian tentang peningkatan kemampuan bercerita dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskritif. Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 19,95%. Ini terlihat dari peningkatan rata-rata persentase kemampuan bercerita anak  pada siklus I adalah 61,17% (kriteria rendah) dan meningkat menjadi 81,12% pada siklus II (kriteria tinggi). Jadi penerapan metode bermain peran berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2012/2013 di TK Dharma Kusuma Temukus.

 

Kata-kata Kunci: metode bermain peran, media gambar berseri, kemampuan bercerita

 

Abstract

This present study aimed at determining the improvement of the students ability in telling story through the application of role playing method assisted by the use of picture series media at the students group B of TK Dharma KusumaTemukus in the second semester of the academic year 2012/2013. The study itself was designed in the form of an action-based research which was conducted in two cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation and evaluation and reflection. The subjects were 19 students group B of TK Dharma KusumaTemukus in the second semester of the academic year 2012/2013. The study data about the improvement of the students ability in telling story were collected using observation method. The collected data were analyzed using descriptive statistical analysis. The analized data  showed that there  was 19,95% the improvement of the students achievement.  It was shown from the average score of the students storytelling ability in the first cycle was 61, 17 % ( low criteria) then improved to 81,12 % at the second cycles ( high criteria).  So the application of the role playing method assisted  by  the use of picture series media could improve the ability in telling story of the students group B of TK Dharma KusumaTemukus in the second semester of the academic year 2012/2013.

 

Key words: role playing method, picture series media, story telling ability

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1100

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF file view : 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.